Kenali 4 Jenis-Jenis Tawon yang Memiliki Racun Berbahaya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
6 Juli 2023 16:16 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis-jenis tawon. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis-jenis tawon. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Salah satu serangga yang sering ditakuti oleh manusia adalah tawon. Hal ini disebabkan karena ada beberapa jenis-jenis tawon memiliki racun berbahaya yang dapat menyebabkan kematian pada orang-orang hipersensitif.
ADVERTISEMENT
Memiliki racun yang berbahaya bisa berpotensi melukai manusia atau menyebabkan penyakit. Faktor tersebut yang menjadikan tawon sering dihindari dan tidak disukai oleh manusia.

Mengenal Apa Itu Tawon?

Ilustrasi jenis-jenis tawon. Foto: Pexels
Tawon adalah serangga yang suka menyengat. Biasanya hewan ini memiliki warna tubuh dengan pola hitam dan kuning. Tubuh tawon biasanya terlihat lebih ramping dan hanya tertutupi sedikit rambut.
Berdasarkan buku Comprehensive Biomedical Sciences: Sistem Saraf karya Ajib Diptyanusa (2020:164), tawon biasanya memiliki ukuran 1-2 cm, namun ada juga yang berukuran 5 cm.
Siklus hidup tawon dibagi menjadi dua yaitu sosial dan soliter.
Tawon yang hidup secara sosial biasanya tinggal di satu sarang yang sama dengan satu ratu dan tawon pekerja lainnya. Sedangkan, jenis tawon yang hidup secara soliter betina hidup dan berkembang biak secara independen.
ADVERTISEMENT

Jenis-Jenis Tawon

Ilustrasi jenis-jenis tawon. Foto: Pexels
Jenis tawon yang berbahaya adalah tawon vespa affinis. Tawon jenis vespa ini biasanya menyengat untuk mempertahankan diri dari gangguan manusia atau binatang lain.
Biasanya jenis tawon ini sengatannya berupa racun (venom) yang digunakan untuk mempertahankan diri ketika individu dan koloninya terganggu.
Tidak hanya tawon vespa affinis saja, ada beberapa jenis tawon yang sangat berbahaya. Merujuk pada buku Menguak Misteri Tawon, Benarkah Berbahaya bagi Manusia oleh Pusat Data dan Analisa Tempo (2020:58), jenis-jenis tawon yang berbahaya lainnya sebagai berikut:

1. Tawon Ndas

Tawon Ndas atau tawon Endas memiliki nama ilmiah Vespa Affinis. Di Indonesia jenis tawon ini sangat populer karena didominasi dengan warna hitam. Ciri - ciri tawon ndas :
ADVERTISEMENT

2. Tawon Vespa Tropica

Jika dilihat dengan seksama tawon ini memiliki kemiripan dengan tawon endas. Pasalnya keduanya memiliki warna kuning dan oranye. Pada jenis tawon ini memiliki serangan yang sangat mematikan. Ciri-ciri tawon vespa tropica :

3. Tawon Kertas

Jenis tawon yang ini mudah ditemui pada rumah atau tempat tinggal. Ciri tawon kertas :

4. Tawon Vespa Velutina

Jenis tawon vespa ini juga berbahaya. Tawon ini memiliki warna kaki kuning. Adapun ciri-ciri khususnya sebagai berikut :
ADVERTISEMENT
Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis tawon yang memiliki racun dan berbahaya. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. (NTA)