Keragaman Nilai Simbolis dalam Kerajinan dan Karya Seni

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2024 17:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi keragaman nilai simbolis dalam kerajinan. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keragaman nilai simbolis dalam kerajinan. Sumber foto: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak contoh keragaman nilai simbolis dalam kerajinan dan karya seni. Salah satu contohnya yaitu kerajinan dari lukisan kaca yang di dalamnya mengandung cerita Mahabarata.
ADVERTISEMENT
Selain nilai simbolis, kerajinan dan karya seni pada umumnya lebih menitikberatkan pada nilai-nilai estetika. Hal ini meliputi keunikan, keterampilan, dan nilai efisiensi.

Keragaman Nilai Simbolis dalam Kerajinan

Ilustrasi keragaman nilai simbolis dalam kerajinan. Sumber foto: Pixabay.com
Dikutip dari buku Bahasa yang Terlupakan, Erich Fromm (2013: 18), suatu simbol kerap sekali diartikan sebagai “sesuatu yang mewakili hal yang lain”. Hal lain yang dimaksud dapat meliputi ekspresi sensorik dari penglihatan, penciuman, pendengaran, dan sentuhan.
Keragaman nilai simbolis dalam kerajinan dan karya seni berkaitan dengan beberapa aspek. Nilai simbolis dalam karya seni berarti melambangkan sebuah arti yang diberikan kepada suatu benda berupa makna, dan pesan yang diwakili oleh produk tersebut.
Beberapa produk kerajinan dan karya seni sering kali digunakan sebagai simbol atau representasi dari konsep-konsep yang lebih besar. Hal ini seperti konsep cinta, perdamaian, keberuntungan, atau keindahan.
ADVERTISEMENT

Contoh-contoh Kerajinan dengan Nilai Simbolis

Ilustrasi keragaman nilai simbolis dalam kerajinan. Sumber foto: Pixabay.com
Nilai simbolis dalam sebuah karya seni bertujuan untuk menciptakan kedalaman makna pada produk tersebut. Nilai simbolis merupakan salah satu muatan nilai dalam kerajinan yang menjadi konsep penting dalam suatu produk.
Contoh-contoh kerajinan dengan nilai simbolisnya adalah sebagai berikut.

1. Cincin Pertunangan

Contoh yang pertama adalah kerajinan karya seni berupa cincin untuk pertunangan. Sebuah cincin tersebut terbuat dari berlian yang sering kali memiliki nilai simbolik yang kuat sebagai lambang cinta dan komitmen.

2. Kalung Salib

Contoh selanjutnya yaitu kalung dengan bentuk salib. Kalung tersebut memiliki arti sebuah nilai berupa simbol yang dalam suatu agama tertentu berarti sebagai representasi keimanan dan spiritualitas.

3. Lentera

Lentera adalah benda seperti lampu yang berukuran kecil dan bertutup kaca. Lampu tersebut sering digunakan dalam berbagai budaya sebagai simbol perdamaian dan harapan.
ADVERTISEMENT
Lentera yang diterbangkan di malam hari dapat mewakili keinginan untuk perdamaian dan kebahagiaan.

4. Lukisan Kaca Mahabarata

Contoh lainnya dari kerajinan dan karya seni yang mengandung nilai simbolis adalah lukisan kaca dengan cerita Mahabarata. Dengan melihat lukisan tersebut seseorang bisa mempelajari budaya mengenai Mahabarata.
Keragaman nilai simbolis dalam kerajinan meliputi sebuah makna yang ingin disampaikan oleh seorang seniman. Hal ini dapat dituangkan dengan keindahan karya seni tersebut. (MAE)