Ketahui Fungsi Utama Selaput Lendir pada Hidung

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
27 Februari 2024 17:50 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Fungsi Utama Selaput Lendir pada Hidung. Sumber: Pexels/Cottonbro Studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Fungsi Utama Selaput Lendir pada Hidung. Sumber: Pexels/Cottonbro Studio
ADVERTISEMENT
Hidung adalah indra penciuman yang memiliki peran penting dalam organ pernapasan. Di dalam hidung terdapat beberapa bagian-bagian penting yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya selaput lendir. Terdapat beberapa fungsi utama selaput lendir.
ADVERTISEMENT
Untuk menjalankan fungsi selaput lendir hidung, bagian ini bekerja dengan melapisi area sinus dan mengeluarkan lendir dari organ pernapasan. Selain terdapat pada hidung, selaput lendir juga dapat ditemukan pada bibir, kelopak mata, dan telinga.

Fungsi Utama Selaput Lendir pada Hidung

Ilustrasi Fungsi Utama Selaput Lendir pada Hidung. Sumber: Pexels/Wilson Vitorino
Mengutip buku Konsep Dasar IPA Biologi Untuk Mahasiswa PGSD karya Ahmad Yani, dkk (2021:191) hidung merupakan organ pernapasan paling luar. Melalui hidung, udara dari luar akan masuk ke dalam tubuh. Hidung memiliki selaput lendir. Salah satu fungsi utama selaput lendir pada hidung adalah sebagai pembantu dalam penciuman.
Selaput lendir pada dasarnya memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pernapasan manusia. Selain itu selaput lendir juga membantu melindungi dari bakteri ataupun kotoran yang masuk ke dalam tubuh. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari selaput lendir.
ADVERTISEMENT

1. Pelembab dan Pemanas Udara

Selaput lendir memproduksi lendir atau mukus yang berfungsi sebagai pelembab pada udara yang dihirup. Lendir ini juga membantu menghangatkan udara sebelum mencapai paru-paru. Proses ini penting untuk mencegah kekeringan pada saluran pernapasan dan melindungi jaringan yang sensitif.

2. Mencegah Bakteri Masuk

Selaput lendir hidung juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis bakteri. Itu artinya, selaput lendir bisa menjauhkan dari penyebab penyakit. Selaput lendir mampu mengeluarkan enzim lisozim dan protein yang disebut defesin. Enzim tersebut memiliki sifat antibakteri yang membantu sistem kekebalan tubuh.

3. Penyaring Udara

Selaput lendir mengandung rambut getar kecil yang disebut silia. Rambut getar ini berfungsi sebagai penyaring untuk menangkap partikel-partikel debu, kotoran, dan mikroorganisme yang masuk bersama dengan udara yang dihirup. Dengan demikian, selaput lendir membantu mencegah benda asing mencapai bagian dalam saluran pernapasan.
ADVERTISEMENT

4. Membantu Penciuman

Fungsi selaput lendir hidung adalah untuk membantu penciuman. Selaput lendir akan membantu bau untuk terurai sehingga aroma dapat terdeteksi dan bau zat tersebut tercium. Tanpa adanya selaput lendir, zat kimia yang mengandung bau sulit untuk terurai dan bau sulit tercium.

5. Pengendalian Suhu Tubuh

Selaput lendir membantu mengatur suhu tubuh dengan cara mengendalikan suhu udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Proses ini penting untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.
Demikianlah beberapa fungsi utama selaput lendir pada hidung. Secara keseluruhan, selaput lendir pada hidung memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi sistem pernapasan. (BAI)