Ketahui Perbedaan Elips dan Oval

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
16 April 2024 16:44 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perbedaan Elips dan Oval. Sumber: Pexels/Cottonbro Studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Elips dan Oval. Sumber: Pexels/Cottonbro Studio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Elips dan oval adalah dua jenis bentuk geometris dalam matematika. Meskipun terlihat sama dan masuk dalam jenis lingkaran, namun terdapat beberapa perbedaan elips dan oval yang perlu diketahui.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, elips adalah jenis khusus dari oval. Keduanya memiliki perbedaan penting dalam hal definisi dan sifat-sifatnya. Salah satu perbedaan dari elips dan oval adalah elips memiliki dua sumbu simetri, sedangkan oval bisa memiliki satu atau dua sumbu simetri.

Perbedaan Elips dan Oval

Ilustrasi Perbedaan Elips dan Oval. Sumber: Pexels/Julia Volk
Mengutip Buku Pintar Matematika SD untuk Kelas 4, 5 dan 6 karya Untoro (2006:163) bangun datar adalah suatu bangun geometri yang berbentuk datar. Elips dan oval adalah dua contoh bangun datar. Meskipun mirip, namun terdapat perbedaan elips dan oval yang perlu diketahui.
Salah satu perbedaan yang dapat dilihat dari oval dan elips adalah oval cenderung memiliki bentuk yang lebih subjektif dan bervariasi dibandingkan dengan elips. Namun, ada beberapa perbedaan lain yang dapat diketahui. Inilah beberapa perbedaan antara elips dan oval.
ADVERTISEMENT

1. Definisi

Elips adalah bentuk geometris yang terbentuk oleh titik-titik di bidang, di mana jumlah jarak dari dua titik fokus tertentu adalah konstan. Sedangkan oval adalah istilah umum yang merujuk pada bentuk yang mirip dengan elips tetapi tidak memiliki persyaratan matematis yang ketat. Oval bisa merupakan bentuk geometris yang agak tidak teratur dan bisa beragam dalam proporsi serta bentuknya.

2. Simetri

Elips memiliki dua sumbu simetri yang sama panjang, sehingga bentuknya simetris sepanjang kedua sumbu tersebut. Sedangkan oval mungkin memiliki simetri yang berbeda-beda tergantung pada bentuknya. Beberapa oval mungkin simetris, sementara yang lain mungkin tidak.

3. Proporsi

Proporsi antara panjang sumbu mayor dan sumbu minor adalah konstan untuk semua elips. Sedangkan proporsi oval bisa berbeda-beda, dengan beberapa oval memiliki perbandingan panjang yang hampir sama dengan elips, sementara yang lain mungkin memiliki perbandingan yang lebih tidak teratur.
ADVERTISEMENT

4. Keberadaan Fokus

Elips selalu memiliki dua fokus di dalamnya, di mana total jarak dari dua fokus tersebut adalah konstan. Oval tidak selalu memiliki fokus, karena tidak memiliki definisi matematis yang ketat seperti elips.

5. Contoh

Contoh dari elips dapat dilihat pada planet sekitar matahari, bentuk dari bola sepak, bentuk dari telur. Berbeda dengan contoh oval yang dapat dilihat pada logo perusahaan seperti Pepsi, bentuk dari wajah manusia dalam beberapa kasus, bentuk dari banyak cetakan artistik.
Itulah beberapa perbedaan elips dan oval yang dapat diketahui dan dipahami. Meskipun ada perbedaan, dalam banyak konteks, istilah elips dan oval sering digunakan secara bergantian tanpa perbedaan yang signifikan. (BAI)