Konten dari Pengguna

Kloning Termasuk Bioteknologi Apa? Inilah Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
22 Januari 2024 17:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kloning Termasuk Bioteknologi Apa. Sumber: Unsplash/Sangharsh Lohakare
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kloning Termasuk Bioteknologi Apa. Sumber: Unsplash/Sangharsh Lohakare
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam sains, terdapat salah satu istilah yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk yang bermanfaat untuk manusia. Istilah tersebut dinamakan bioteknologi. Contohnya adalah kloning. Namun, kloning termasuk bioteknologi apa?
ADVERTISEMENT
Kloning merupakan teknik dalam bioteknologi yang bertujuan untuk membuat salinan identik dari organisme atau bagian organisme. Dapat dikatakan bahwa kloning adalah suatu usaha untuk memberikan duplikat suatu organisme melalui proses yang aseksual.

Mengenal Bioteknologi

Ilustrasi Kloning Termasuk Bioteknologi Apa. Sumber: Unsplash/National Cancer Insitute
Sebelum mengetahui kloning termasuk bioteknologi apa, akan lebih baik jika memahami pengertian dari bioteknologi terlebih dahulu. Bioteknologi adalah istilah umum yang mencakup penggunaan organisme hidup untuk mengembangkan atau membuat produk atau proses yang bermanfaat bagi manusia.
Mengutip buku Be Smart Ilmu Pengetahuan Alam, Dian Surdijani, dkk (2008:63), bioteknologi adalah penerapan prinsip-prinsip dari ilmu dan teknologi untuk memproses materi melalui agen biologi agar dapat meningkatkan nilai tambah. Terdapat dua jenis bioteknologi, yaitu tradisional dan modern.

Kloning Termasuk Bioteknologi Apa?

Ilustrasi Kloning Termasuk Bioteknologi Apa. Sumber: Unsplash/National Cancer Insitute
Kloning adalah teknik membuat keturunan dengan kode genetik yang sama dengan sel induknya tanpa proses pembuahan. Kloning adalah bagian dari bioteknologi. Namun, kloning termasuk bioteknologi apa?
ADVERTISEMENT
Kloning merupakan salah satu penerapan bioteknologi modern, di mana kloning adalah upaya untuk memproduksi suatu individu baru yang secara genetik identik dengan induknya. Terdapat tiga jenis kloning yang dapat diketahui, yaitu:

1. Kloning Reproduktif

Kloning reproduktif adalah membuat salinan identik dari organisme yang sudah ada. Dalam konteks hewan, ini dapat melibatkan pembuatan salinan identik dari hewan melalui transfer inti sel somatik.

2. Kloning Molekuler atau DNA

Kloning ini membuat salinan DNA atau gen tertentu. Teknik ini dapat digunakan untuk menghasilkan banyak salinan gen tertentu atau untuk memanipulasi genetik organisme.

3. Kloning Sel

Kloning sel bertujuan untuk membuat salinan identik dari sel individu. Kloning ini dapat mencakup teknik seperti kultur sel dan pembelahan sel untuk menghasilkan sejumlah besar sel identik.
ADVERTISEMENT
Itu dia penjelasan mengenai kloning termasuk bioteknologi apa. Jawabannya adalah, bioteknologi modern. Kloning tidak hanya digunakan dalam konteks reproduksi hewan, tetapi juga dalam pengembangan obat-obatan, produksi tanaman transgenik, dan penelitian ilmiah. (BAI)