Macam-macam Alat Musik Harmonis Tradisional Indonesia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
9 November 2023 17:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Macam-macam Alat Musik Harmonis. Sumber: unsplash.com/ Wes Hicks
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Macam-macam Alat Musik Harmonis. Sumber: unsplash.com/ Wes Hicks
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Alat musik terdiri dari beberapa jenis, yaitu alat musik ritmis, melodis dan harmonis. Adapun macam-macam alat musik harmonis tradisional Indonesia misalnya sasando dan angklung.
ADVERTISEMENT
Ciri khas alat musik harmonis yaitu bisa dibunyikan dan bunyi yang dihasilkannya punya beragam nada. Sehingga pemain alat musik harmonis harus bisa merangkai nada tersebut agar menjadi musik yang memiliki harmoni.

Macam-macam Alat Musik Harmonis Indonesia

Ilustrasi Macam-macam Alat Musik Harmonis. Sumber: unsplash.com/ Tadas Mickukhis
Mengutip dari buku Inovasi Pembelajaran Musik Untuk Anak Negeri Indonesia di SD, Arina Restian (hal. 312), alat musik harmonis yaitu alat musik bernada, namun tidak dapat dibentuk. Pada umumnya alat musik yang membunyikan melodi pada suatu lagu, namun tidak dapat memainkan kord secara sendirian.
Macam-macam alat musik harmonis tradisional Indonesia bisa dilihat seperti di bawah ini. Semuanya bsa menghasilkan nada yang harmonis apabila dimainkan dengan cara tertentu.

1. Sasando

Alat musik sasando berwujud alat musik yang harus dipetik untuk bisa menghasilkan bunyi. Sasando berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.
ADVERTISEMENT
Hal yang unik dari penamaan sasando adalah diambil dari kata dalam bahasa Rote, yaitu sasandu. Maknanya yaitu alat yang bergetar atau berbunyi.

2. Kecapi

Alat musik Kecapi berasal dari tanah Sunda. Kecapi sering dipakai dalam pertunjukan musik tradisional Sunda. Alat ini menjadi instrumen utama dalam lagu maupun tembang sunda atau mamaos cianjuran dan kecapi suling.
Kecapi berasal dari kata kacapi yang artinya tanaman sentul. Tumbuhan inilah yang kemudian diambil bagian kayunya untuk dibuat sebagai alat musik kecapi.

3. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, cara bermainnya dengan cara digoyang agar menghasilkan bunyi. Angklung berasal dari Jawa Barat.
Penamaan angklung diambil dari kata "angka" yang berarti nada dan "lung" yang berarti pecah. Sehingga arti angklung adalah nada yang terpecah seperti bunyinya saat didengar, nadanya bagaikan terpecah namun harmonis.
ADVERTISEMENT
Macam-macam alat musik harmonis yang telah disebutkan di atas adalah jenis alat musik tradisional Indonesia yang masih sering dipakai dalam seni pertunjukan musik di tanah air. (IMA)