Materi Ekosistem Kelas 10, Materi Semester 1 Kurikulum Merdeka

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 16:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi materi ekosistem kelas 10. Sumber: Pexels/Jonathan Meyer
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi materi ekosistem kelas 10. Sumber: Pexels/Jonathan Meyer
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Materi ekosistem kelas 10 merupakan materi mengenai interaksi antar -organisme dengan lingkungannya baik biotik maupun abiotik. Materi Biologi ini sangat menarik untuk dipelajari karena erat kaitannya dengan lingkungan dan makhluk hidup.
ADVERTISEMENT
Terdapat 3 kegiatan pembelajaran yang nantinya siswa harus lewati di materi ini yaitu komponen ekosistem dan interaksi antar komponen biotik; piramida ekologi dan produktifitas ekosistem; dan daur biogeokimia dan perubahan ekosistem.

Materi Ekosistem Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Ilustrasi materi ekosistem kelas 10. Sumber: Pexels/Suzy Hazelwood
Materi ekosistem merupakan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang termasuk dalam mata pelajaran Biologi. Materi ini akan didapatkan siswa saat duduk di semester 1 kelas 10.
Dikutip dalam buku Modul Pembelajaran SMA Biologi kelas X oleh Khoirul Huda, S.Pd., M.Pd (2020:3-4) materi ekosistem kelas 10 dijabarkan dalam 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, soal latihan, dan soal evaluasi. Adapun penjelasan singkat mengenai materi ini sebagai berikut.

1. Komponen Ekosistem dan Interaksi Antar Komponen Biotik

Ekosistem diartikan sebagai kesatuan fungsional antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang di dalamnya terdapat hubungan dan interaksi yang sangat erat dan saling memengaruhi antar komponen.
ADVERTISEMENT
Dalam kegiatan pembelajaran pertama siswa akan mempelajari empat sub materi yaitu:

2. Piramida Ekologi dan Produktifitas Ekosistem

Hubungan organisme pada tingkat trofik ekosistem digambarkan dalam bentuk piramida. Semakin ke atas piramida semakin mengecil. Sedangkan produktivitas ekosistem yaitu keseluruhan sistem yang dinyatakan dengan biomassa dalam kurun waktu tertentu.
Kegiatan pembelajaran yang kedua ini terbagi menjadi dua sub materi yang harus dikuasai siswa yaitu:

3. Daur Biogeokimi dan Perubahan Ekosistem

Daur biogeokimia adalah siklus yang melibatkan senyawa kimia berpindah tempat melalui organisme sebagi perantara. Kemudian senyawa ini kembali ke lingkungan fisik dengan adanya perubahan ekosistem (perubahan struktur maupun fungsi) yang mengikutinya.
Perubahan tersebut diakibatkan karena ekosistem adalah suatu sistem yang tidak statis, namun selalu dinamis. Sama halnya dengan kegiatan pembelajaran sebelumnya, pada kegiatan pembelajaran ke tiga ini siswa harus mempelajari dua sub mater yaitu:
ADVERTISEMENT
Itulah ulasan ringkas mengenai materi ekosistem kelas 10 Kurikulum Merdeka yang ada pada pembelajaran semester 1. Secara garis besar dalam materi ini siswa akan mempelajari interaksi dan hubungan timbal balik antara lingkungan dengan makhluk hidup.