Konten dari Pengguna

Materi Garis dan Sudut Kelas 7 pada Pelajaran Matematika Kurikulum Merderka

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
11 Juli 2024 13:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi materi garis dan sudut kelas 7. Sumber: pexels.com/KarolinaGrabowska.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi materi garis dan sudut kelas 7. Sumber: pexels.com/KarolinaGrabowska.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Materi garis dan sudut kelas 7 SMP pada pelajaran matematika akan diperoleh siswa di semester dua. Garis dan sudut sering ditemui dalam pembahasan tentang bangun datar atau bangun ruang.
ADVERTISEMENT
Pada materi ini dibutuhkan alat bantu, seperti penggaris lurus, penggaris segitiga, penggaris setengah lingkaran, karet hingga laptop. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya belajar teori tapi juga melakukan beberapa percobaan.

Rangkuman Materi Garis dan Sudut Kelas 7

Ilustrasi materi garis dan sudut kelas 7. Sumber: unsplash.com/DsStories.
Dalam pelajaran matematika, sudut dan garis akan membentuk bangun tertentu. Karena itu, keduanya sering dibahas bersama-sama. Dari pembahasan tersebut akan diperoleh berbagai kegunaan dan sifat-sifat kesebangunan.
Dikutip dari Buku Panduan Guru Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII, Dicky Susanto dan Kawan-kawan (2022:175), berikut adalah materi garis dan sudut kelas 7 SMP yang ada pada bab tentang Kesebangunan.

1. Hubungan Antar Sudut

Pada subbab ini siswa diperkenalkan dengan istilah garis yang sejajar beserta contoh-contohnya, termasuk nama sudut, sudut-sudut yang sama besar, istilah hubungan antar sudut, dan pasangan sudut.
ADVERTISEMENT
Secara detail, berikut adalah pembahasan tentang materi tersebut:

2. Arti Kesebangunan

Pada subbab ini dibahas tentang cara menentukan apakah dua benda sebangun secara informal. Siswa diajak untuk memperbesar dan memperkecil gambar secara sederhana menggunakan karet agar hasil perbesaran dan pengecilan gambar itu sebangun dengan gambar awal.

3. Kesebangunan pada Segitiga

Pada subbab ini siswa diajak memperbesar dan memperkecil gambar secara proporsional dengan alat bantu yang lebih modern, yaitu menggunakan komputer atau laptop. Hasil perbesaran atau pengecilan tersebut harus sebangun dengan gambar awal.
ADVERTISEMENT
Percobaan tersebut memiliki kegunaan sebagai berikut:
Ruang lingkup materi garis dan sudut kelas 7 cukup luas. Namun dalam Kurikulum Merdeka, siswa juga diajak melakukan berbagai percobaan agar lebih mudah memahami materi yang diajarkan. (lus)