Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2025 © PT Dynamo Media Network
Version 1.99.0
Konten dari Pengguna
Materi Informatika Kelas 7 Bab 9: Praktika Lintas Bidang Informatika
27 Februari 2025 15:19 WIB
·
waktu baca 2 menitTulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

ADVERTISEMENT
Materi Informatika kelas 7 bab 9 dapat dirangkum dan dijadikan bahan belajar untuk mempersiapkan penilaian di akhir semester. Siswa dapat meningkatkan pemahaman tentang bab 9, yaitu Praktika Lintas Bidang Informatika.
ADVERTISEMENT
Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang mendasarinya. Materi ini menarik untuk dipelajari karena berkaitan dengan perkembangan teknologi dan informasi di era modern.
Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Bab 9
Di jenjang sekolah menengah pertama atau kelas 7, siswa akan belajar yang mencakup aktivitas plugged (membutuhkan komputer ) dan unplugged (tidak memerlukan komputer). Untuk itu mereka perlu memahami teorinya terlebih dahulu melalui buku siswa.
Inilah rangkuman materi Informatika kelas 7 bab 9 mengutip buku Infomatika SMP Kelas VII, Maresha Caroline Wijanto, dkk. (2021:239-261)
Bab 9: Praktika Lintas Bidang Informatika
Kehidupan sehari-hari tidak lepas dari artefak komputasional yang terus berkembang. Artefak komputasional contohnya ada di sekitar kita, mulai dari ponsel, lampu lalu lintas, CCTV di sekolah, website sekolah, mesin cuci di rumah, dan perangkat lainnya.
ADVERTISEMENT
A. Pengembangan Artefak Komputasional
Pengembangannya dibantu dengan penggunaan tools pengembangan, seperti software integrated development tools (IDE), aplikasi video editing, Aplikasi Perkantoran, 3D drawing dan printing, dan lainnya.
Siswa belajar tentang Makey Makey yakni sebagai papan sirkuit yang dapat menggantikan keyboard memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di bagian depan papan. Kemudian mereka dapat mengembangkannya dengan alat yang dapat digunakan bersama.
Pada proyeknya siswa beajar cara membuat artefak komputasional yang sederhana dengan Makey Makey dan Scratch. Hal ini berpengaruh penting untuk nantinya dapat membuat sistem lain yang lebih kompleks.
ADVERTISEMENT
B. Aktivitas Unplugged: Bermain Strategi
Aktivitas unplugged dengan permainan bernama “Tentukan Langkahmu!”. Permainan ini mengandung aspek PLB dalam konteks melakukan abstraksi dan berpikir membangun algoritma untuk menyelesaikan masalah.
Demikian rangkuman materi Informatika kelas 7 bab 9 yang membahas tentang artefak komputasional serta aktivitas unplugged untuk belajar berpikir membangun algoritma. (Dva)