Memahami Arti Konten dan Jenisnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
15 Juli 2023 16:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Konten adalah. Sumber: Unsplash/Malte Helmhold
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Konten adalah. Sumber: Unsplash/Malte Helmhold
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Konten adalah informasi yang ada pada media atau produk elektronik. Istilah konten kerap terdengar sehari-hari dan banyak masyarakat yang menggunakannya. Meskipun begitu, tidak semua orang mengerti apa yang dimaksud dengan konten.
ADVERTISEMENT
Pada era digital seperti sekarang, ada banyak sekali konten yang bisa didapatkan dengan mudah. Selain memahami arti konten, jenis-jenis konten juga harus diketahui.

Arti Konten dan Jenisnya

Ilustrasi Konten adalah. Sumber: Unsplash/Adem
Apa itu konten? Dikutip dari kbbi.kemdikbud.go.id, arti konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Sedangkan, Sari, dkk dalam Digital Marketing (2023:13) menjelaskan konten merupakan informasi berbentuk gambar atau tulisan yang menunjukkan produk atau jasa ke konsumen.
Konten bisa dilihat di berbagai platform, seperti Instagram, blog, Twitter, Toutube, dan sebagainya. Berdasarkan tujuannya, konten dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

1. Konten Informatif

Konten informatif ini tujuannya adalah untuk memberikan informasi tertentu. Jenis konten ini bisa berupa foto, tulisan, atau video. Informasi yang diberikan biasanya bersifat penting, seperti alamat toko, nama produk, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT

2. Konten Edukasi

Konten edukasi isinya adalah pengetahuan tentang berbagai hal yang bermanfaat. Topik yang dibahas bebas, selama masih mengedukasi. Misalnya, ada seseorang yang senang dengan dunia kuliner, orang tersebut bisa membuat konten tentang rekomendasi makanan dengan harga terjangkau dan enak.

3. Konten Review

Jenis konten review isinya adalah ulasan dari suatu produk atau jasa. Biasanya, konten ini dibuat oleh konsumen. Tujuannya adalah agar orang lain bisa mendapatkan informasi mengenai produk atau jasa yang diulas.

4. Konten Interaksi

Konten interaksi tujuannya adalah untuk melakukan interaksi dengan para pengguna media sosial. Konten jenis ini bisa berupa sesi tanya jawab (QnA), curhat, kuis, dan lain-lain.
Adapun jenis-jenis konten berdasarkan bentuknya adalah sebagai berikut.

1. Foto

Foto merupakan salah satu bentuk konten visual yang cukup diminati. Konten foto bisa ditemui di berbagai media sosial.
ADVERTISEMENT

2. Video/Vlog

Konten dengan format ini juga disukai. Apalagi jika topik yang dibawakan dan isinya berkualitas.

3. Artikel

Jenis konten berbentuk artikel bisa dibaca di blog atau website. Isi dari artikel bisa bermacam-macam dan pembaca bisa mencari artikel mana yang sesuai dengan kebutuhan.
Jadi, arti konten adalah informasi yang ada pada media atau produk elektronik. Konten terdiri dari berbagai jenis tergantung dari tujuan dan bentuknya. (KRIS)