Mengapa Dinosaurus Punah? Ini Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
23 Februari 2024 19:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa dinosaurus punah? Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa dinosaurus punah? Foto: Pixabay.
ADVERTISEMENT
Mengapa dinosaurus punah? Dinosaurus merupakan salah satu makhluk hidup yang pernah ada di Bumi ini. Dinosaurus mengalami kepunahan karena beberapa faktor.
ADVERTISEMENT
Salah satunya, yaitu dipicu oleh hantaman asteroid terhadap Bumi. Peristiwa ini sudah terlewati hampir 66 juta tahun yang lalu.
Walaupun begitu, kejadian tersebut tidak dapat terlupakan karena ada banyak hal yang berubah dari kejadian itu. Perubahan yang terjadi pada saat hantaman meteor berlangsung, yaitu musim dingin ekstrem serta hilangnya hampir 75 persen kehidupan di muka Bumi.
Dari berbagai hantaman tersebut, terdapat banyak debu silika halus yang tersebar ke penjuru bumi.

Mengapa Dinosaurus Punah?

Ilustrasi mengapa dinosaurus punah? Foto: Pixabay.
Pertanyaan tentang mengapa dinosaurus punah banyak ditanyakan oleh masyarakat terutama pelajar. Jawaban yang tepat dari pertanyaan ini yaitu karena hujan meteor beberapa tahun yang lalu. Debu silika halus yang menyebar akibat hantaman meteor menjadi salah satu penyebabnya.
ADVERTISEMENT
Debu ini sangat berperan dalam kepunahan dinosaurus, karena terdapat zat beracun yang tidak bisa diterima dan diolah oleh tubuh. Sebagai informasi, usia dari dinosaurus bisa diukur dan dihitung dengan cara yang unik.
Mengutip buku yang berjudul Dinosaurus, Bobble Whitcombe (2005:2), masa hidup dari dinosaurus bisa diukur dari usia bebatuan yang ada di daerah tersebut. Jadi, jika usia bebatuan mencapai 65 tahun, maka bisa dipastikan bahwa usia dari tumbuhan dan hewan di zaman tersebut mempunyai umur sama dengan usia bebatuan yang ada.

Faktor yang Menyebabkan Dinosaurus Punah

Ilustrasi mengapa dinosaurus punah? Foto: Pixabay.
Hewan punah, seperti dinosaurus, punah karena disebabkan beberapa faktor. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Faktor Iklim yang Ekstrem

Iklim yang ekstrem merupakan salah satu faktor selanjutnya. Iklim dingin dengan derajat yang semakin menurun serta berkepanjangan membuat dinosaurus punah secara cepat.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, iklim membuat perubahan pada beberapa bentuk bumi dan berdampak pada beberapa tahun setelah kejadian tersebut berlangsung.

2. Munculnya Tumbuhan Berbunga

Tumbuhan yang berbunga membuat beberapa hewan dinosaurus tidak dapat bertahan hidup secara lama. Pasalnya, hewan ini tidak bisa beradaptasi secara langsung dengan lingkungan yang baru.
Karena tidak bisa beradaptasi inilah, hewan tidak dapat hidup dan akhirnya punah bersama dengan hewan-hewan yang lainnya.
Itu dia jawaban dari pertanyaan mengapa dinosaurus punah. Dinosaurus punah karena dipicu oleh hantaman asteroid terhadap Bumi. Semoga informasi ini bermanfaat. (LFP)