Mengapa Pencemaran Suara Akibat Perkembangan Transportasi Memengaruhi Kesehatan?

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
13 Maret 2024 15:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa pencemaran suara akibat perkembangan transportasi dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Sumber foto: pixabay/Vladyslav Lytvyshchenko
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa pencemaran suara akibat perkembangan transportasi dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Sumber foto: pixabay/Vladyslav Lytvyshchenko
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pencemaran suara merupakan bentuk permasalahan lingkungan yang dapat disebabkan oleh kegiatan manusia, seperti transportasi maupun konstruksi. Kondisi ini tentunya dapat berdampak bagi berbagai bidang kehidupan, salah satunya sektor kesehatan. Lantas, mengapa pencemaran suara akibat perkembangan transportasi dapat mempengaruhi kesehatan manusia?
ADVERTISEMENT
Pencemaran suara dapat juga disebut sebagai noise pollution. Jenis polusi tersebut sangat berbahaya apabila berlangsung dengan intensitas tinggi.

Mengapa Pencemaran Suara Akibat Perkembangan Transportasi dapat Mempengaruhi Kesehatan Manusia

Ilustrasi mengapa pencemaran suara akibat perkembangan transportasi dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Sumber foto: pixabay/Aviv Rachmadian
Dikutip dari buku Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) Pada Masa Pandemi Covid-19 untuk SMP Kelas Viii Tenia Kurniawati, M.Pd, Andri Setiawan, M.Pd, (2020:62), perkembangan teknologi transportasi telah berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Selain dapat memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan aktivitas, transportasi juga berkontribusi dalam memicu terjadinya pencemaran suara.
Pencemaran suara umumnya disebabkan karena adanya sumber bunyi yang memiliki frekuensi tinggi. Permasalahan ini bisa ditimbulkan akibat penggunaan dan perkembangan transportasi yang kian masif. Sebab sebagian besar suara mesin transportasi seringkali membuat kebisingan.
ADVERTISEMENT
Berkenaan dengan itu, dampak pencemaran suara tidak hanya merusak lingkungan. Namun, juga berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan bagi setiap individu. Agar lebih memahami terkait pengaruhnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa pencemaran suara akibat perkembangan transportasi dapat mempengaruhi kesehatan manusia yang penting diketahui.

1. Gangguan Pendengaran

Pencemaran suara akibat perkembangan transportasi berpengaruh terhadap kesehatan organ pendengaran. Adanya bunyi yang terlalu keras, keadaan ini dapat menimbulkan penurunan kemampuan seseorang dalam mendeteksi suara di sekitarnya.
Gangguan pendengaran dapat bersifat tidak dapat disembuhkan (permanen) dan sementara. Namun, jika struktur inti pada telinga mengalami kerusakan fatal, maka gangguan ini dapat berubah menjadi permanen.

2. Telinga Berdering

Telinga berdenging dapat dikenal dengan istilah tinnitus. Faktor terjadinya tinnitus salah satunya yaitu karena terpapar polusi suara. Kondisi ini mengakibatkan timbulnya suara denging yang mengganggu pendengaran seseorang.
ADVERTISEMENT

3. Sulit Berkonsentrasi

Sulit berkonsentrasi bisa diakibatkan karena pencemaran suara yang berlebih. Permasalahan ini juga bisa mendorong timbulnya pengaruh kesehatan lainnya, seperti gangguan tidur, stres, hingga perasaan tidak tenang.
Jadi, mengapa pencemaran suara akibat perkembangan transportasi dapat mempengaruhi kesehatan manusia? Karena kondisi tersebut mampu menimbulkan pengaruh negatif bagi manusia, seperti gangguan pendengaran. Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa faktor pencegahan untuk meminimalisir dampak pencemaran suara yang ditimbulkan. (Riyana)