Mengenal Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer dan Strukturnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
16 November 2023 10:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer. Sumber: Unsplash/Glenn Carstens Peters
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer. Sumber: Unsplash/Glenn Carstens Peters
ADVERTISEMENT
Artikel ilmiah populer merupakan salah satu jenis karya tulis yang biasa ditemukan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Artikel ilmiah populer tidak berbeda jauh dengan karya ilmiah lainnya. Terdapat ciri-ciri artikel ilmiah populer yang perlu diketahui dalam penulisan.
ADVERTISEMENT
Disebut artikel ilmiah populer karena ditulis dengan menggunakan gaya bahasa yang populer dan bukan untuk keperluan akademik, melainkan untuk dikomunikasikan kepada publik melalui media massa.

Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer

Ilustrasi Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer. Sumber: Unsplash/Bram Naus
Mengutip buku Bijak Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi karya Rishe Purnama Dewi, dkk (2020:142) artikel ilmiah populer adalah tulisan ilmiah yang yang disajikan dengan bahasa yang populer (lebih santai, menaik, dan mudah dipahami).
Berbeda dengan artikel pada umumnya, artikel ilmiah populer tentu memiliki ciri-ciri khusus yang harus diperhatikan. Terdapat empat ciri yang harus diperhatikan dalam artikel ilmiah populer. Berikut penjelasan mengenai ciri-ciri artikel ilmiah populer.

1. Ada Pendapat Penulis

Pendapat merupakan sudut pandang atau penilaian penulis tentang suatu hal.

2. Ada Bukti

Pernyataan diikuti bukti-bukti ilmiah yang mendukung pendapat penulis. Bukti ini harus bisa dibuktikan kebenarannya.
ADVERTISEMENT

3. Ada Alasan

Alasan berupa penjelasan tentang pernyataan dan bukti-bukti. Sebuah artikel ilmiah populer kadang disertai dengan keterangan ilmiah.

4. Bahasa Mudah Dipahami

Artikel ilmiah populer menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Populer berarti disukai karena mudah dipahami oleh banyak orang dan kalangan.

Struktur Artikel Ilmiah Populer

Ilustrasi Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer. Sumber: Unsplash/Michal Parzuchowski
Selain memperhatikan ciri-ciri artikel ilmiah populer, sebelum menulisnya, perlu juga memperhatikan struktur dari artikel ilmiah populer. Struktur dari artikel ilmiah populer cukup singkat, padat dan jelas. Berikut adalah penjelasan struktur artikell ilmiah populer.
ADVERTISEMENT
Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri artikel ilmiah populer beserta dengan strukturnya. Artikel ilmiah populer merupakan satu dari contoh karya ilmiah sederhana yang dapat ditulis oleh siswa. (BAI)