Konten dari Pengguna

Mengenal Contoh Ikrar Silaturahmi dalam Ikatan Keluarga

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
17 April 2024 14:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh ikrar silaturahmi. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh ikrar silaturahmi. Sumber foto: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikrar adalah sama halnya dengan sebuah janji yang harus ditepati. Ada banyak contoh ikrar, salah satunya adalah contoh ikrar silaturahmi.
ADVERTISEMENT
Ikrar berisi sebuah pernyataan terkait janji yang diucapkan. Janji tersebut dapat digunakan untuk beberapa kepentingan.

Contoh Ikrar Silaturahmi

Ilustrasi contoh ikrar silaturahmi. Sumber foto: Pixabay.com
Dikutip dari buku Kaidah Hukum Islam Bidang Pidana Hudud dan Qishash, Dr. H. Ahmad Agus Ramdlany, S.H., M.H dkk (2022: 110), ikrar adalah suatu pernyataan seseorang tentang dirinya sendiri yang bersifat sepihak dan tidak memerlukan persetujuan pihak lain.
Ikrar silaturahmi berarti berisi suatu pernyataan tentang kesanggupan dalam menjalin ikatan silaturahmi. Contoh ikrar silaturahmi adalah sebagai berikut:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang kami hormati para hadirin dari keluarga Bani Tama, pada kesempatan yang berbahagia kali ini, alhamdulillah kita bisa berkumpul sebagai keluarga untuk merayakan momen Idulfitri.
Di tengah kebersamaan kita ini, marilah kita mengukir komitmen bersama sebagai keluarga yang senantiasa bersatu dan saling mendukung.
ADVERTISEMENT
Kita hadir di sini untuk kembali menyatukan hati, menjalin tali silaturahmi, dan memaafkan segala kesalahan serta kesalahpahaman di masa yang telah lalu.
Dalam semangat kebersamaan yang tulus, mari kita sampaikan ikrar bersama-sama untuk memperkokoh hubungan keluarga yang harmonis dan penuh berkah.
Dengan penuh kesadaran dan ketulusan hati, kita telah bersepakat untuk:
ADVERTISEMENT
Dengan selesainya pembacaan ikrar ini, kita berharap agar keluarga ini terjalin semakin kuat, harmonis, dan berkah. Semoga Allah Swt senantiasa memberkahi langkah-langkah kita dan menyatukan hati kita dalam kebersamaan yang penuh berkah.
Terima kasih kepada semua yang telah hadir di sini. Mari kita nikmati momen ini dengan penuh tawa kebahagiaan dan kesyukuran.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Itulah contoh ikrar silaturahmi dalam ikatan keluarga yang dilakukan bersamaan dengan acara halalbihalal hari raya. Semoga menjadi inspirasi bagi yang ingin kembali menghidupkan tali silaturahmi keluarga. (MAE)