Mengenal Dampak Positif Sedimentasi beserta Dampak Negatifnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 15:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Dampak Positif Sedimentasi. Sumber: Pixabay/LionMountain
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Dampak Positif Sedimentasi. Sumber: Pixabay/LionMountain
ADVERTISEMENT
Setiap proses geografis yang terjadi pasti menimbulkan suatu dampak, termasuk dampak negatif dan dampak positif sedimentasi. Hal ini karena sedimentasi membuat suatu material yang dibawa mengalami perubahan tertentu.
ADVERTISEMENT
Proses sedimentasi tidak langsung terjadi begitu saja. Melainkan telah melewati banyak proses geografis lainnya, seperti pelapukan serta erosi.

Pengertian Sedimentasi

Ilustrasi Dampak Positif Sedimentasi. Sumber: Pixabay/juliacasado1
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai dampak positif sedimentasi beserta dampak negatifnya, sebaiknya ketahui lebih dulu mengenai apa itu sedimentasi.
Dikutip dari buku BUPELAS Pemetaan Materi & Bank Soal IPA SMP Kelas 7, Tim Maestro Genta (2020:201), sedimentasi merupakan proses pengendapan material hasil erosi pada tempat tertentu. Berdasarkan penyebabnya, sedimentasi dapat dibedakan menjadi tiga jenis, antara lain:

1. Sedimentasi Akuatis

Sedimentasi akuatis adalah jenis sedimentasi karena air sungai, yaitu proses pengendapan materi-materi yang terbawa oleh aliran air di tempat-tempat yang dilaluinya.
Hasil pembentukannya berupa delta dan bantaran sungai. Delta adalah daratan di dekat pantai yang terbentuk karena pengendapan lumpur, tanah, pasir, dan batuan yang terbawa air sungai. Sedangkan bantaran sungai adalah daratan semacam delta yang terbentuk di tepi sungai.
ADVERTISEMENT

2. Sedimentasi Aeolis

Sedimentasi aeolis adalah proses pengendapan materi yang terbawa oleh hembusan angin di tempat-tempat yang dilalui oleh tiupan angin tersebut. Hasil pembentukan dari proses sedimentasi aeolis adalah gumuk pasir.

3. Sedimentasi Marine

Sedimentasi marine atau sedimentasi karena air laut adalah proses pengendapan material yang terbawa oleh gelombang air laut. Hasil pembentukan dari proses ini antara lain tumpukan karang di pantai, bar di pantai, tombolo, dan karang atol.

Dampak Positif Sedimentasi dan Dampak Negatifnya

Ilustrasi Dampak Positif Sedimentasi. Sumber: Pixabay/JACLOU-DL
Akibat dari sedimentasi dapat menimbulkan sejumlah dampak, baik positif maupun negatif. Berikut beberapa dampak di antaranya.

1. Dampak Positif

ADVERTISEMENT

2. Dampak Negatif

Itu dia penjelasan mengenai sejumlah dampak positif sedimentasi beserta dampak negatifnya. Semoga uraian di atas dapat memberikan pemahaman seputar sedimentasi yang dipelajari dalam ilmu geografi. (YAS)