Konten dari Pengguna

Mengenal Hasil Utama Hutan di Laos

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
23 April 2024 14:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi hasil utama hutan di Laos adalah. Sumber foto: Pixabay/Valiphotos
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hasil utama hutan di Laos adalah. Sumber foto: Pixabay/Valiphotos
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Laos merupakan negara di kawasan Asia Tenggara dengan sumber daya alam hutan yang besar. Adapun salah satu hasil utama hutan di Laos adalah kayu.
ADVERTISEMENT
Hutan di Laos memegang peranan penting untuk menunjang peningkatan ekonomi negara. Pasalnya, beragam produk yang memiliki nilai dan bermanfaat dapat diperoleh dari pengelolaan hutan tersebut.

Hasil Utama Hutan di Laos

Ilustrasi hasil utama hutan di Laos adalah. Sumber foto: Pixabay/bertvthul
Berdasarkan buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 6, Suparman, (hal.57-58), Laos yang nama aslinya Sathanalat Paxathipa Tai Paxaxon Lao. Wilayah Laos terletak di Semenanjung Indo-cina. Luas wilayahnya 236.800 km². Negara ini dikelilingi oleh pegunungan dan hutan lebat.
Adanya ketampakan alam berupa hutan lebat, menjadikan Laos memiliki kekayaan alam hutan yang berlimpah. Beberapa hasil utama hutan di Laos adalah sebagai berikut.

1. Kayu

Menurut buku Laos, Marfauzi, (2023:34), Laos memiliki wilayah hutan yang luas mencapai 9 juta hektar sehingga banyak hasil kayu dari pohon di hutan. Jenis-jenis kayu tersebut di antaranya kayu jati (Tectona grandis L.f), merbau (Intsia bijuga), cendana (Santalum album) dan gaharu (Aquilaria malaccensis).
ADVERTISEMENT
Kayu-kayu yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Seperti halnya dijadikan sebagai bahan utama industri pabrik pengolahan kayu, pemotongan kayu, maupun menjadi bahan praktis lainnya.

2. Bambu

Selain kayu, bambu juga termasuk hasil pokok hutan di Laos. Lantaran persebaran tanaman ini sangat luas dan memiliki spesies yang banyak. Pemanfaatan bambu di Laos antara lain untuk kerajinan tangan, bahan bangunan, dan kuliner khas.

3. Karet

Hutan Laos memiliki keadaan iklim yang sesuai untuk pertumbuhan pohon karet, sehingga negara ini memiliki tingkat produktivitas tanaman karet yang cukup tinggi.
Oleh karenanya, karet dapat dijadikan sebagai komoditas ekspor karena dapat memenuhi kebutuhan pasar secara global. Dengan begitu, karet juga berperan untuk membangun pertumbuhan ekonomi negara.
ADVERTISEMENT
Melalui ulasan tersebut, dapat diketahui bahwa salah satu hasil utama hutan di Laos adalah kayu jati. Komoditas hutan ini tidak hanya menjadi ciri khas negara, namun merupakan aset penting untuk menjaga keberlangsungan lingkungan dan ekonomi. Semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca. (Riyana)