Mengenal Letak Kutub Utara Magnet Bumi

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 15:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Letak Kutub Utara Magnet Bumi. Sumber: unsplash.com/Valentin Antonucci
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Letak Kutub Utara Magnet Bumi. Sumber: unsplash.com/Valentin Antonucci
ADVERTISEMENT
Bumi yang bulat memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Magnet yang ada di dunia akan selalu mengarah ke arah kutub utara dan selatan karena adanya energi magnet di sana. Adapun letak kutub utara magnet bumi adalah di bagian utara.
ADVERTISEMENT
Di dalam peta, arah utara selalu disimbolkan berada di arah paling atas. Sedangkan arah selatan berada di bawah. Demikian juga dengan kutub utara yang berada di bagian ujung atas bumi.

Di Mana Letak Kutub Utara Magnet Bumi?

Ilustrasi Letak Kutub Utara Magnet Bumi. Sumber: unsplash.com/ Aaron Burden
Letak kutub utara magnet bumi adalah di tengah Samudra Arktik pada derajat ke-90 utara bumi. Mengutip dari buku IPA Terpadu: Jilid 3B, Mikrajuddi, dkk. (hal. 11&12), di dalam perut bumi tidak ada magnet raksasa, tetapi terdapat medan magnet bumi.
Kutub-kutub bumi adalah poros tempat berputarnya bumi. Kutub magnet bumi yang dituju oleh jarum kompas berada di kutub utara yang terletak kurang lebih 1.600 km di sebelah selatan kutub utara bumi.
Tepatnya sekitar 15° dari poros perputaran bumi. Sehingga kutub geografis bumi tidak berimpitan dengan kutub magnet bumi.
ADVERTISEMENT
Adapun himpitan arah jarum kompas dan arah garis gaya magnet bumi membuat arah yang dibentuk jarum kompas di berbagai tempat di permukaan bumi selalu berbeda. Hal ini memunculkan sudut yang dinamakan sudut inklinasi dan sudut deklinasi.
Arah suatu tempat bisa digambarkan dan diperhitungkan lewat dua macam sudut ini. Sudut deklinasi adalah penyimpangan arah utara-selatan kutub magnet jarum kompas terhadap arah utara-selatan kutub geografis bumi.
Besarnya sudut deklinasi ini terbentuk dari arah utara yang ditunjukkan oleh jarum kompas dan arah utara geografis bumi.
Sedangkan sudut inklinasi adalah kemiringan antara jarum kompas terhadap garis mendatar. Sebab, arah garis gaya magnet bumi ternyata tidak sejajar dengan permukaan bumi, sehingga gerak mendatar jarum kompas pada porosnya tidak benar-benar mendatar.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan di atas diketahui bahwa letak kutub utara magnet bumi adalah di tengah Samudra Arktik pada derajat ke-90 utara bumi. (IMA)