Mengenal Massa Merkurius beserta Fakta Menarik Lainnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
19 April 2024 17:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Massa Merkurius. Sumber: Pixabay/TheSpaceway
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Massa Merkurius. Sumber: Pixabay/TheSpaceway
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat sejumlah fakta menarik yang dimiliki oleh planet merkurius. Salah satunya mengenai massa merkurius. Pasalnya, merkurius memiliki massa yang sangat kecil jika dibandingkan dengan planet-planet lainnya di tata surya.
ADVERTISEMENT
Merkurius sendiri termasuk ke dalam salah satu kelompok planet kebumian bersama dengan venus, bumi, dan mars. Hal ini karena merkurius memiliki permukaan padat dan terdiri dari batuan silikat.

Mengenal Massa Merkurius

Ilustrasi Massa Merkurius. Sumber: Pixabay/WikiImages
Merkurius memiliki massa yang terbilang terkecil untuk sebuah planet. Massa merkurius adalah seberat 3.302 x 1023 kg, dengan massa jenis sebesar 5,43 gram/cm³.
Dikutip dari buku Kuark: Fotosintesis, Sistem Pernapasan, dan Konduktor Panas, Gelar Soetopo (2010:40), massa bumi adalah sekitar 6 trilyun triliun kilogram. Ini membuat massa merkurius hanya sekitar 0,06 kali dari massa bumi.
Untuk diketahui, pada awalnya merkurius mempunnyai massa dua kali lebih besar dari pada massa yang dimiliki saat ini.
Namun, dengan jaraknya yang sangat dekat dengan matahari dan mengambangnya protomatahari pada waktu itu, suhu di sekitar merkurius dapat mencapai 2.500-10.000 Kelvin.
ADVERTISEMENT
Hal ini membuat sebagian besar permukaan merkurius menguap pada temperatur sepanas itu, sehingga ‘tertiup’ oleh angin surya dan kehilangan banyak massa hingga sekecil sekarang.

Fakta Menarik Merkurius Lainnya

Ilustrasi Massa Merkurius. Sumber: Pixabay/TheSpaceway
Selain dari segi massa dan ukurannya yang kecil, terdapat sejumlah fakta menarik lainnya yang dimiliki planet yang paling dekat dengan matahari ini. Berikut di antaranya.

1. Tercipta karena Tabrakan

Pada awal sejarah tata surya, merkurius tertabrak oleh sebuah planetesimal berukuran sekitar seperenam dari massanya. Untuk menambah wawasan, planatesimal adalah salah satu teori yang menjelaskan tentang proses terciptanya tata surya.
Benturan tersebut telah melepaskan sebagian besar kerak dan mantel asli merkurius, sehingga hanya meninggalkan intinya saja dan terbentuk seperti saat ini.
ADVERTISEMENT

2. Ukuran Merkurius

Dikutip dari buku 1000+ Fakta Luar Angkasa, Yusup Somadinata (2016:50), dengan diameter sekitar 4.879 km di khatulistiwa, merkurius merupakan planet terkecil dari empat planet kebumian di tata surya.
Selain itu, merkurius memiliki kepadatan yang tinggi. Hal ini diduga karena planet tersebut mempunyai inti yang besar dan kaya akan besi.

3. Ditemukan Berdasarkan Pengamatan Kuno

Pengamatan merkurius paling awal terjadi pada abad ke-3 SM, tepatnya pada saat zaman Sumeria.
Sedangkan untuk penamaan merkurius berasal dari bangsa Romawi, yang menamakan planet tersebut dengan nama salah satu dari dewa mereka, yaitu Merkurius. Merkurius juga dikenal sebagai Hermes pada mitologi Yunani dan Nabu pada mitologi Babilonia.
Uniknya, bangsa Yunani pada zaman Hesiod menamai Merkurius sebagai Stilbon dan Hermaon, karena sebelum abad ke-5 SM mengira bahwa merkurius adalah dua benda luar angkasa yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena satu hanya tampak pada saat matahari terbit, dan satunya lagi hanya tampak pada saat matahari terbenam.
Sekian ulasan mengenai massa merkurius beserta berbagai fakta menarik lainnya. Posisinya yang dekat dengan matahari membuat manusia sulit untuk mendapatkan gambar dari planet kecil ini. (YAS)