Konten dari Pengguna

Mengenal Penyakit Osteoporosis dan Cara Mencegahnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
18 September 2023 17:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi osteoporosis. Sumber: Unsplash / Harlie Raethel
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi osteoporosis. Sumber: Unsplash / Harlie Raethel
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang pada diri seseorang. Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi keropos atau rentan mengalami retak atau patah. Osteoporosis banyak diderita oleh para lansia.
ADVERTISEMENT
Osteoporosis disebut sebagai silent disease, karena biasanya, penyakit ini baru disadari ketika penderitanya mengalami cedera. Pengeroposan tulang pun tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi secara perlahan dan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Faktor Risiko Terjadinya Osteoporosis

Ilustrasi osteoporosis. Sumber: Pixabay / wal_172619
Osteoporosis lekat dengan wanita yang mengalami menopause. Namun, fakta menunjukkan bahwa osteoporosis tidak hanya menyerang wanita, karena pria pun bisa mengalaminya.
Ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis, seperti dikutip dari buku Mengatasi Osteoporosis: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang Anda, Tresno Saras, (2023: 3-4), di antaranya sebagai berikut.

1. Usia

Risiko osteoporosis meningkat seiring bertambahnya usia. Semakin tua usia seseorang, semakin rentan mengalami penurunan kepadatan tulang.

2. Jenis Kelamin

Wanita lebih rentan mengalami osteoporosis dibandingkan pria. Ini terkait dengan penurunan hormon estrogen pada wanita setelah menopause.
ADVERTISEMENT
Hormon estrogen berperan dalam menjaga kepadatan tulang, sehingga penurunan hormon estrogen dapat menyebabkan kehilangan massa tulang.

3. Faktor Genetik

Jika anggota keluarga dekat, seperti ibu atau saudara perempuan mengalami osteoporosis, maka risiko seseorang mengalami osteoporosis juga dapat meningkat.

4. Gaya Hidup

Kebiasaan hidup tertentu dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Misalnya, kurangnya aktivitas fisik atau olahraga, merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan diet rendah kalsium yang dapat memengaruhi kesehatan tulang.

Cara Mencegah Osteoporosis

Ilustrasi cara mencegah osteoporosis. Sumber: Pixabay / Bommie
Osteoporosis adalah penyakit tidak dapat disembuhkan. Namun, kemunculannya bisa dicegah dengan menjalani pola hidup sehat sejak dini.
Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis.
ADVERTISEMENT
Itulah sedikit informasi mengenai osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi gaya hiduplah yang membentuknya. (ARN)