Mengenal Proses Pembuatan Kerajinan Gips dan Contohnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 November 2023 18:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi proses pembuatan kerajinan gips. Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi proses pembuatan kerajinan gips. Foto: Pixabay.
ADVERTISEMENT
Gips merupakan salah satu jenis kerajinan tangan yang sering dibuat oleh pengrajin seni. Selain memiliki nilai estetik, gips juga mempunyai daya saing harga yang lumayan tinggi. Hal ini sesuai dengan proses pembuatan kerajinan gips yang membutuhkan waktu tidak sebentar.
ADVERTISEMENT
Dalam proses pembuatannya, pengrajin membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan gips sesuai dengan pesanan konsumen. Tidak hanya itu, pengrajin juga akan mengukur seberapa banyak bahan-bahan yang akan digunakan nantinya.

Proses Pembuatan Kerajinan Gips

Ilustrasi proses pembuatan kerajinan gips. Foto: Pixabay.
Dikutip melalui buku yang berjudul Pembelajaran seni rupa dan keterampilan di SD, Erna Zumrotun , ‎Syailin Nichla Choirin Attalina, ‎Nihlatun Niswah (2023:55), gips merupakan kerajinan tangan dari bahan lunak alami.
Jenis bahan ini jika sudah terlanjur menjadi padat akan sukar larut di dalam air. Maka dari itu, proses pembuatan kerajinan gips harus diperhatikan dengan benar agar bahan tidak banyak terbuang.
Berikut proses dari pembuatan kerajinan gips yang harus diketahui oleh pengrajin pemula.

1. Pembuatan Sketsa Model

Proses pertama yang harus dilakukan yaitu membuat sketsa model dari kerajinan yang akan dibuat. Sketsa model biasanya dibuat menggunakan pensil terlebih dahulu, lalu nanti akan dibuat sketsa dengan bentuk tiga dimensi.
ADVERTISEMENT

2. Buat Cetakan Model Gips

Sketsa model yang sudah dibuat, selanjutnya akan dibuatkan cetakan dari model gips tersebut. Cetakan ini biasanya dibuat menggunakan silicon ruber atau bisa menggunakan tanah liat.

3. Pembuatan Bubur Gips

Proses berikutnya adalah pembuatan bubur gips. Membuat bubur gips tidaklah mudah, pengrajin harus menuangkan campuran gips dengan air secara merata, dan berulang-ulang.

4. Mencetak Kerajinan Gips

Jika bubur gips sudah dibuat, selanjutnya yaitu masukkan bahan tersebut ke dalam cetakan tiga dimensi. Pastikan adonan bahan tercampur secara merata, dan tunggu hingga adonan mengering serta memadat dengan sendirinya.

5. Mengeringkan dan Menghaluskan Gips

Gips bisa dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Disarankan, untuk tidak menjemur gips secara langsung di bawah sinar matahari, karena warna gips akan berubah menjadi kusam. Jika sudah mongering secara sempurna, langkah selanjutnya yaitu menghaluskan gips sehalus-halusnya.
ADVERTISEMENT

Contoh Kerajinan Gips

Ilustrasi proses pembuatan kerajinan gips. Foto: Pixabay.
Perlu diketahui, bahwa gips bisa dibuat menjadi beberapa kerajinan dengan harga yang tinggi. Berikut contoh dari kerajinan gips.
Itu dia proses pembuatan kerajinan gips yang harus diketahui dan dipelajari. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat mencoba.
(LFP)