Mengenal Ragam Jenis IMS beserta Bahaya yang Ditimbulkan

Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
18 September 2023 9:26 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jenis IMS. Gambar hanya ilustrasi. Sumber: Pixabay
ADVERTISEMENT
Ada banyak jenis IMS yang sangat berbahaya bagi kesehatan. IMS adalah sejenis penyakit kelamin yang dapat menyebar melalui hubungan intim.
ADVERTISEMENT
Penyebaran tersebut dapat terjadi melalui vaginal, dubur (anal), atau mulut (oral). IMS juga dapat menular melalui transfusi darah atau berbagi pakai jarum suntik yang telah digunakan oleh penderita.

Ragam Jenis IMS

Jenis IMS. Gambar hanya ilustrasi. Sumber: Pixabay
Dikutip dari buku Kesehatan Reproduksi Remaja dan Infeksi Menular Seksual, Ratu Matahari, S.K.M., M.A., M.Kes dkk (2018: 22), IMS atau Infeksi Menular Seksual adalah berbagai jenis infeksi yang dapat menular dari satu orang ke orang yang lain melalui kontak seksual.
Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, parasit dan protozoa. Adapun beberapa jenis IMS yang dapat diketahui adalah sebagai berikut.

1. Gonorrhea

Gonorrhea atau GO adalah suatu penyakit yang lebih dikenal orang dengan penyakit kencing nanah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.
ADVERTISEMENT
GO merupakan jenis penyakit yang dapat menyebar dengan cepat. Penyakit ini menyebar melalui aliran darah ke seluruh bagian tubuh.

2. HIV

HIV merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus ini disebut human immunodeficiency virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
Virus tersebut dapat menyebar melalui hubungan seksual tanpa kondom, transfusi darah, berbagi penggunaan alat suntik dan juga persalinan. HIV dapat berkembang menjadi penyakit AIDS jika terlalu lama dibiarkan tanpa diobati.

3. Scabies

Jenis penyakit IMS selanjutnya adalah scabies. Scabies adalah salah satu penyakit pada kulit sejenis kudis yang dapat menimbulkan rasa gatal.
Penyakit ini disebabkan oleh parasit dari tungau atau mite yang bernama Sarcoptes scabiei. Scabies termasuk jenis penyakit menular yang dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit, dan berbagi penggunaan berbagai barang dengan penderita.
ADVERTISEMENT

4. Trichomoniasis

Penyakit IMS lainnya adalah trichomoniasis. Trichomoniasis merupakan jenis penyakit menular yang dapat menimbulkan rasa gatal atau perih, dan keluarnya cairan berbau tidak sedap dari bagian intim.
Penyakit tersebut disebabkan oleh parasit protozoa yang berbentuk oval, dengan panjang sekitar 10-20 mikrometer dan lebar 2-14 mikrometer. Trichomoniasis dapat ditularkan melalui hubungan intim tanpa kondom, dan saling berbagi pemakaian alat bantu seksual.

Bahaya yang Ditimbulkan IMS

Jenis IMS. Gambar hanya ilustrasi. Sumber: Pixabay
IMS adalah jenis penyakit berbahaya. Penyakit tersebut jika dibiarkan, dapat menyebabkan beberapa hal sebagai berikut:
IMS merupakan suatu penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Hal ini terjadi, dengan ada atau tidaknya manifestasi klinis berupa timbulnya kelainan terutama pada alat kelamin.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan singkat tentang jenis IMS beserta bahaya yang ditimbulkan. Semoga dapat dipahami, dan dapat menghindari beberapa penyebab penyakit IMS. (MAE)