Mengenal Sumber Bunyi Suling beserta Jenis Alat Musik Tradisional Lainnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
23 Februari 2024 15:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sumber bunyi suling. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sumber bunyi suling. Sumber foto: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
Suling adalah salah satu jenis alat musik tradisional Indonesia. Sumber bunyi suling dihasilkan dari udara.
ADVERTISEMENT
Alat musik tradisional ini memiliki sejarah panjang yang dibangun dari kayu dan tulang. Seiring berkembangnya zaman, suling modern dibuat dari perak dan logam.

Sumber Bunyi Suling

Ilustrasi sumber bunyi suling. Sumber foto: Pixabay.com
Dikutip dari buku Inovasi Musik untuk Anak Negeri Indonesia di SD, Tim PGSD D (2017: 336), suling adalah salah satu jenis alat musik yang terbuat dari bahan bambu. Alat musik ini juga dapat dibuat dari bahan lain seperti plastik.
Cara memainkan suling yaitu dengan cara ditiup. Suling biasa dimainkan untuk mengiringi nyanyian sinden maupun dimainkan sendiri atau tunggal. Sumber bunyi suling dihasilkan dari udara yang masuk pada lubang-lubang suling ketika ditiup.
Jumlah lubang pada suling terdiri dari 4 sampai 6 lubang. Beberapa jenis suling yang terkenal di Indonesia berada di Jawa Barat, yaitu suling degung, suling salendro, dan suling madenda.
ADVERTISEMENT

Jenis Alat Musik Tradisional

Ilustrasi sumber bunyi suling. Sumber foto: Pixabay.com
Alat musik tradisional adalah alat musik yang dibuat dan berkembang secara turun menurun pada suatu daerah. Alat musik tradisional sering digunakan untuk mengiringi sebuah musik-musik daerah yang terdapat di kalangan masyarakat tertentu.
Selain suling, jenis alat musik tradisional lainnya adalah sebagai berikut.

1. Angklung

Angklung adalah jenis alat musik tradisional yang juga terbuat dari bambu. Alat musik ini dimainkan yang dimainkan dengan teknik kurulung, yang berarti menggoyangkan angklung dengan salah satu tangan agar menghasilkan suara.

2. Bonang

Jenis alat musik tradisional berikutnya adalah bonang. Bonang dimainkan dengan cara dipukul dan terbuat dari kuningan.
Alat musik ini termasuk bagian dari peralatan gamelan, yang biasanya digunakan secara bersamaan dengan saron dan gong, untuk memainkan suatu tembang.
ADVERTISEMENT

3. Kecapi

Selanjutnya adalah alat musik tradisional kecapi. Kecapi merupakan alat musik petik tradisional yang terbuat dari bahan kayu. Alat ini berbentuk kotak persegi panjang dan dilengkapi senar atau dawai untuk menghasilkan bunyi.

4. Kolintang

Jenis lainnya adalah kolintang. Kolintang merupakan alat musik pukul tradisional asal Minahasa, Sulawesi Utara yang terbuat dari kayu. Cara memainkan alat musik ini yaitu dipukul dengan mallet agar suara yang dihasilkannya merdu.
Sumber bunyi suling yaitu dihasilkan dari getaran udara yang masuk pada lubang-lubang suling. Alat ini bisa dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional lainnya seperti kecapi atau gamelan. (MAE)