Mengenal Tahap Pembuatan Cetak Datar Berdasarkan Jenis Tekniknya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
5 Februari 2024 16:50 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tahap Pembuatan Cetak Datar , foto:unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tahap Pembuatan Cetak Datar , foto:unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cetak datar merupakan teknik seni yang menggunakan transfer gambar dari permukaan datar ke media cetak dengan memakai tekanan. Dalam tahap pembuatan cetak datar, mempunyai tahapan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis tekniknya.
ADVERTISEMENT
Beberapa teknik dalam cetak datar di antaranya, yaitu teknik etsa, taknik serigrafi (sablon), dan teknik lithografi. Teknik-teknik tersebut memberikan hasil cetakan dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Pengertian Cetak Datar

Ilustrasi Tahap Pembuatan Cetak Datar, foto:unsplash
Dikutip dari buku Seni Rupa SMP: Seni Lukis, Seni Patung, Seni Grafis, dan Pameran, Eightenn (2020:69), cetak datar merupakan teknik cetak yang memakai klise datar dengan prinsip saling menolak dan menerima antara tinta dan air.
Di mana klise yang digunakan dalam cetak datar memakai batu cadas (limestone). Namun, saat ini dapat juga memakai lempengan logam (seng) untuk meringankan proses kerja. Pada dasarnya, ketika melakukan cetak datar dengan memakai papan ataupun plat yang datar.
Secara umum, prinsip dari cetak tersebut adalah mentransfer gambar dari permukaan datar ke media cetak. Ketika dicetak menggunakan tekanan, maka tinta akan mentransfer dari permukaan cetak menuju media cetak. Selanjutnya, menghasilkan gambar yang sudah tercetak.
ADVERTISEMENT

Mengetahui Tahap Pembuatan Cetak Datar

Ilustrasi Tahap Pembuatan Cetak Datar, foto:unsplash
Tahap pembuatan cetak datar mempunyai tata cara yang berbeda-beda setiap teknik yang digunakan. Berikut adalah penjelasan tahapan dari pembuatan cetak datar berdasarkan jenis tekniknya.

1. Teknik Offset

Pada teknik offset prosesnya diawali dengan gambar bertinta yang menempel pada master atau plat, kemudian dilakukan transfer ke lembaran karet (blanket). Selanjutnya, kembali lagi ditransfer ke permukaan bahan yang dicetak.
Di mana bahan cetak tersebut biasanya berupa kertas ataupun plastik. Adapun langkah-langkah dalam pembuatan cetak datar memakai teknik offset, sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

2. Teknik Serigrafi (Sablon)

Pada penggunaan teknik serigrafi atau sablon proses pencetakannya melibatkan pemindahan tinta ke permukaan. Di mana pemindahan tersebut melibatkan bantuan layar kain atau logam yang mempunyai area terbuka sesuai dengan desain yang ingin dicetak.
Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat cetak datar menggunakan teknik serigrafi (sablon).
ADVERTISEMENT
Penjelasan mengani tahap pembuatan cetak datar yang disesuaikan dengan jenis tekniknya, dapat menambah pengetahuan pembaca seputar tahapan dalam membuat cetak datar. Selain itu, juga dapat dijadikan referensi belajar bagi pemula yang terjun pada dunia percetakan. (PAM)