Mengenal Tahap Perkembangan Embrio pada Manusia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
22 Oktober 2023 16:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tahap Perkembangan Embrio. Sumber: Pexels/Dominika Roseclay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tahap Perkembangan Embrio. Sumber: Pexels/Dominika Roseclay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tahap perkembangan embrio pada manusia dapat dipelajari dalam materi pelajaran biologi. Hal tersebut termasuk dalam pengetahuan perkembangan manusia.
ADVERTISEMENT
Perkembangan manusia ditandai sejak sebelum lahir atau embrionik dan pertumbuhan manusia ditandai setelah lahir atau pascaembrionik. Hal tersebut menarik untuk dipelajari karena berkaitan dengan asal muasal kehidupan manusia.

Mengenal Tahap Perkembangan Embrio

Ilustrasi tahap perkembangan embrio. Sumber: Pexels/rdne-stock-project-
Menurut buku Biologi 2 Mengungkap Rahasia Alam Kehidupan SMP Kelas VIII, Kadaryanto, S.Pd. dkk (2007:30), perkembangan embrio adalah masa pembuahan sampai lahir hingga berkembang menjadi bayi.
Setelah terjadi pembuahan yakni meleburnya sel sperma dan sel telur maka akan membentuk zigot. Zigot akan berkembang menjadi embrio. Embrio sendiri adalah sel telur yang sudah dibuahi yang akan menjadi calon bayi hingga usia kehamilan mencapai delapan minggu.
Berikut tahap perkembangan embrio manusia dan penjelasannya.

1. Fase Morula

Pembelahan zigot terjadi secra mitosis, yakni dari satu sel menjadi dua sel, dua sel menjadi empat, dan seterusnya. Sekumpulan sel yang terbentuk tersusun seperti anggur disebut sebagai morula.
ADVERTISEMENT

2. Fase Blastula

Pada tahap fase blastula, morula yang telah terbentuk akan terus mengalami pembelahan hingga jumlahnya menjadi 100 sel. Pembelahan terus berlanjut sehingga terbentuk rongga di bagian dalam yang disebut blastosol.

3. Fase Gastrula

Grastula ini merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan blastula yang ditandai dengan terbentuknya 3 lapisan embrionik. Lapisan tersebut adalah lapisan bagian luar (ekstoderm), lapisan bagian tengah (mesoderm), dan lapisan bagian dalam (endoderm).
Ketiga lapisan ini akan berkembang menjadi berbagai organ. Proses pembentukan gastrula ini disebut gastrulasi.

4. Fase Organogenesis

Fase ini merupakan proses pembentukan berbagai organ tubuh yang berkembang dari tiga lapisan saat proses gastrulasi. Tahap perkembangan embrio ini adalah fase terakhirnya. Organ yang terbentuk adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Kesimpulannya, terdapat empat tahap perkembangan embrio pada manusia. Hal tersebut meliputi pembelahan zigot hingga pembentukan organ-organ penting. Dengan mempelajarinya makan akan menambah pemahaman tentang materi tahapan embrionik. (DVA)