Mengenal Tempat Terjadinya Meiosis dan Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
14 Februari 2024 11:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tempat Terjadinya Meiosis. Sumber: Pexels/Willy Arisky
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tempat Terjadinya Meiosis. Sumber: Pexels/Willy Arisky
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada mata pelajaran biologi terdapat materi genetika. Di dalam materi tersebut mempelajari tentang penurunan sifat, termasuk pembahasan di mana tempat terjadinya meiosis pada konsep reproduksi sel makhluk hidup.
ADVERTISEMENT
Pelajarannya mencakup hal dasar dalam genetika dan sering muncul dalam soal ujian di tingkat SMA. Oleh sebab itu, materi ini penting untuk diketahui. Mulai dari meiosis pada manusia hingga tumbuhan.

Tempat Terjadinya Meiosis

Ilustrasi Tempat Terjadinya Meiosis. Sumber: Pexels/Chokniti Khongchum
Meiosis untuk berperan penting bagi manusia termasuk meningkatkan keragaman genetik dan menciptakan kondisi yang tepat untuk keberhasilan reproduksi.
Sebelum menguraikan tempat terjadinya meiosis, berikut penjelasan tentang meiosis menurut buku Praktis Belajar Biologi, Fictor Ferdinand P., Moekti Ari Wibowo (2007), meiosis adalah tipe pembelahan sel dan nukleus sehingga jumlah kromoson direduksi dari diploid menjadi haploid.
Haploid adalah kondisi suatu individu yang tidak memiliki pasangan kromosom dikarenakan hanya memiliki genom tunggal. Sedangkan diploid yaitu kondisi di mana terdapat dua set kromosom.
ADVERTISEMENT
Jadi meiosis merupakan proses dimana organisme yang bereproduksi secara seksual menghasilkan gamet (sel kelamin), yang merupakan prasyarat penting untuk pembentukan embrio normal.
Tempat terjadinya meiosis yaitu pada organ kelamin, baik manusia hingga tumbuhan. Berikut penjelasan pada masing-masing jenisnya.

1. Manusia dan Hewan

Pada manusia dan hewan meisosis terjadi pada gonad untuk menghasilkan sel gamet. Pada laki-laki terjadi di testis. Lalu prosesnya disebut dengan spermatogenesis.
Pada wanita, meiosis terjadi di ovarium dan menghasilkan sel telur. Namun proses meiosis lengkap pada wanita tidak benar-benar terjadi sampai telur dibuahi oleh gamet.
Pada hewan meiosis juga terjadi dalam organ-organ reproduksi sebagai tempat pembentukan sel kelamin atau sel gamet.

2. Tumbuhan

Pada tumbuhan yang memiliki bunga dapat terjadi meiosis. Bunga memiliki bagian anteridium dan ovarium yang keduanya memiliki sporangia (mikrospora dan megaspora) sebagai tempat menjadi tempat terjadinya meiosis.
ADVERTISEMENT
Tempat terjadinya meiosis ternyata berbeda di setiap makhluk hidup. Namun, pembelahan sel dan nukleus ini terjadi di organ reproduksi sesuai dengan jenis kelaminnya. (DVA)