Konten dari Pengguna

Mengenal Umbra Pada Saat Terjadi Gerhana

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
17 April 2024 14:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Umbra adalah. Sumber: Pexels / Sebastian Arie Voortman
zoom-in-whitePerbesar
Umbra adalah. Sumber: Pexels / Sebastian Arie Voortman
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gerhana merupakan fenomena alam yang terjadi ketika benda langit yakni matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus atau dalam keadaan sejajar. Pada saat gerhana terjadi ada beberapa bagian dari bulan yang menghadirkan beberapa jenis bayangan yang disebut umbra dan penumbra.
ADVERTISEMENT
Gerhana sendiri meliputi gerhana bulan dan gerhana matahari. Umbra sendiri akan tercipta pada gerhana bulan maupun matahari. Umbra menjadi hal yang penting karena umbra merupakan bayangan inti dari terciptanya gerhana.

Inilah Definisi dari Umbra

Umbra adalah. Sumber: Pexels / Dids
Dalam proses terjadinya gerhana, penumbra dan umbra menjadi aspek yang utama sebagai pembentuk bayangan. Saat gerhana matahari terjadi, maka permukaan bumi akan tertutupi oleh umbra bulan. Sedangkan ketika gerhana bulan, umbra bumi akan menutupi bulan.
Oleh karena itu, berdasarkan buku Sukses Sains Fisika SMP 2, Budi Suryati (2008:83), umbra adalah bayang-bayang yang warnanya sangat hitam. Bayangan yang diciptakan oleh umbra merupakan bayangan inti dari proses gerhana.
Dalam proses terjadinya gerhana baik bulan maupun matahari, bentuk gerhana akan tercipta pada daerah yang berada pada umbra. Seperti ketika terjadi gerhana matahari total, maka daerah yang berada pada umbra akan menutupi cahaya matahari sepenuhnya.
ADVERTISEMENT
Pada gerhana matahari, bagian bumi akan tertutup oleh umbra bulan dengan maksimum diameternya 270 km. Sehingga, yang dapat dilihat oleh manusia saat gerhana bulan terjadi adalah korona dan prominensa bagian luar bulan yang terkena sinar matahari.
Sedangkan ketika terjadi gerhana bulan total maka seluruh bagian bulan akan masuk ke dalam umbra bumi sehingga tercipta gerhana bulan total. Jadi bagian dari bumi yang masuk ke dalam umbara akan menutupi cahaya yang dipancarkan oleh bulan. Perlu diketahui diameter pada umbra bumi berkisar 3 kali diameter bulan.
Dalam proses terjadinya gerhana, peran dari adanya umbra sangat vital dalam menciptakan bentuk dari gerhana yang terjadi. Hal tersebut, menjadikan gerhana selalu dinantikan oleh masyarakat dari proses alamiah yang terjadi.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan mengenai umbra adalah bayangan gelap yang terbentuk ketika terjadinya gerhana. Umbra menjadi penting ketika terjadinya gerhana, hal ini dikarenakan umbra merupakan bayangan inti yang berada di tengah-tengah. (RFL)