Mengenal Unsur SARA beserta Tiga Kategorinya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
26 Desember 2023 17:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa itu unsur SARA? Sumber: Unsplash/Clay Banks
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa itu unsur SARA? Sumber: Unsplash/Clay Banks
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa itu unsur SARA? Istilah ini tentu sudah tidak terdengar asing lagi bagi orang awam, terlebih sering dibahas di berbagai kesempatan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, masih banyak orang yang hanya sekadar mengetahui istilahnya tanpa memahami secara mendalam mengenai konsep dan kategori SARA. Padahal memahami SARA secara keseluruhan merupakan hal yang sangat penting.

Apa Itu Unsur SARA?

Ilustrasi Apa itu unsur SARA? Sumber: Pixabay/innokurnia
SARA pada dasarnya merupakan akronim dari Suku, Ras, Agama, dan Antar golongan.
Dikutip dari buku Pengaruh Politisasi terhadap Partisipasi Masyarakat Mengikuti Pilpres 2019, Ujang Permana (2019:2), SARA adalah pandangan ataupun tindakan yang didasari dengan pikiran sentimen mengenai identitas diri yang menyangkut keturunan, agama, kebangsaan, atau kesukuan dan golongan.
Hal yang digolongkan sebagai sebuah tindakan SARA adalah segala macam bentuk tindakan yang dilakukan. Baik secara verbal maupun nonverbal yang didasarkan pada pandangan sentimen tentang identitas diri atau golongan.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia sendiri cukup banyak terjadi konflik yang berhubungan dengan SARA. Hal ini karena Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam budaya dan adat istiadat.
Adapun konflik SARA diartikan sebagai suatu kekerasan yang dilatarbelakangi oleh sentimental antar suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Konflik SARA umumnya terjadi karena adanya egoisitas seseorang atau sekelompok orang yang dilakukan dengan jalan kekerasan.

Tiga Kategori Unsur SARA

Ilustrasi Apa itu unsur SARA? Sumber: Pixabay/masbebet
Ujang Permana (2019:2) dalam bukunya menjelaskan bahwa SARA dapat digolongkan ke dalam tiga kategori. Berikut di antaranya.

1. Kategori Individual

Kategori individual merupakan tindakan SARA yang dilakukan oleh individu maupun kelompok. Tindakan yang termasuk dalam kategori ini meliputi pernyataan yang bersifat menyerang, mengintimidasi, melecehkan, maupun menghina identitas diri maupun golongan.
ADVERTISEMENT

2. Kategori Institusional

Sesuai namanya, kategori institusional adalah tindakan SARA yang dilakukan oleh suatu institusi, baik secara langsung maupun tidak langsung, sengaja atau tidak sengaja telah membuat peraturan diskriminatif dalam struktur organisasi maupun kebijakannya.

3. Kategori Kultural

Kategori kultural adalah penyebaran mitos, tradisi, serta ide-ide diskriminatif melalui struktur budaya masyarakat.
Itu dia penjelasan mengenai apa itu unsur SARA beserta tiga kategorinya. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan seputar SARA sehingga konflik yang dapat ditimbulkan oleh unsur SARA dapat segera dicegah. (YAS)