Pendekatan Metode Penelitian dan Jenisnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
22 Desember 2023 17:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pendekatan Metode Penelitian. Sumber: unsplash.com/ Chris Liverani
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pendekatan Metode Penelitian. Sumber: unsplash.com/ Chris Liverani
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penelitian dilakukan dengan cara ilmiah yang sebelumnya wajib dilakukan pendekatan metode penelitian. Maksud dari pendekatan tersebut adalah rancangan cara untuk meneliti. Rancangan itu sangat struktural dan teroganisir sehingga hasilnya akan valid.
ADVERTISEMENT
Adapun pendekatan metodenya dibagi menjadi 3 jenis. Pertama yaitu kualitatif, kedua kuantitatif dan ketiga yakni metode campuran. Untuk memahami pendekatan tersebut, menyimak mengenai pengertian dan jenisnya akan sangat membantu.

3 Jenis Pendekatan Metode Penelitian

Ilustrasi Pendekatan Metode Penelitian. Sumber: unsplash.com/Carlos Muza
Pengertian pendekatan metode penelitian yaitu sebuah cara penelitian ilmiah yang ditujukan untuk mengungkapkan kebenaran dengan menggunakan banyak pertimbangan yang bersifat logis. Pertimbangan logis ini bersifat ilmiah.
Berikut adalah tiga jenis pendekatan metode penelitian yang kerap dipakai untuk meneliti. Jenis-jenis ini akan disertai dengan penjelasannya.

1. Metode Kualitatif

Mengutip dari buku Metodologi Penelitian Kualitatif karya Albi Anggito, dkk. (2018:9), penelitian kualitatif tidak memakai data statistik. Umumnya penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang kemudian dianalisis dan diinterpretasikan.
Metode penelitian kualitatif selalu dilengkapi dengan teknik analisis mendalam yang mengkaji masalah secara spesifik. Bidang penelitian yang menggunakan metode kualitatif biasanya tentang masalah sosial dan manusia.
ADVERTISEMENT

2. Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan statistik. Biasanya pengumpulan datanya memakai instrumen penelitian atau alat ukur tertentu yang menghasilkan data berupa angka-angka.
Data bisa dikumpulkan melalui survei maupun eksperimen. Di dalamnya terdapat angka-angka yang bisa diolah ke dalam perhitungan statistika. Hasilnya bisa disimpulkan melalui angka yang tertera dalam data kuantitatif.

3. Metode Campuran

Metode campuran merupakan metode pendekatan gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Di dalamnya akan menggabungkan analisis, perhitungan data, pengumpulan data dan penarikan premis yang relevan dengan hasil penelitian.
Dengan memakai metode campuran ini, maka hasilnya akan lebih rinci dan akurat. Sebab, jenis sumber data yang dipakai lebih dari satu mulai survei, eksperimen, analisis sampai pengolahan data statistik.
ADVERTISEMENT
Pengertian dan jenis pendekatan metode penelitian di atas adalah cara yang bisa dipakai untuk melaksanakan penelitian. Peneliti bisa menyesuaikan jenis metode dengan penelitian yang dilakukan. (IMA)