Pengelompokan Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi beserta Pengertian

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
16 April 2024 16:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengelompokan planet berdasarkan garis edar bumi. Sumber: pexels.com/Felix Mittermeier
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengelompokan planet berdasarkan garis edar bumi. Sumber: pexels.com/Felix Mittermeier
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Planet adalah benda langit yang berada di luar angkasa yang memiliki ciri khas tertentu dan dibagi menjadi beberapa bagian. Adapun pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi ada dua yaitu planet inferior dan planet superior.
ADVERTISEMENT
Jika mendengar istilah planet superior dan planet inferior, biasanya yang terbayang adalah planet yang lebih besar dan lebih kecil. Namun sebenarnya dalam astronomi, bukan itu pengertiannya.

Pengertian Planet

Ilustrasi pengelompokan planet berdasarkan garis edar bumi. Sumber: pexels.com/Pixabay
Bumi adalah salah satu planet yang juga termasuk benda langit. Di alam semesta ini, kehidupan hanya ada di planet Bumi.
Mengutip dari buku Buku Pendamping Olimpiade Sains Nasional IPA Tingkat Sekolah Dasar dengan Topik Tata Surya, Ni Nengah Mudari, (2021:4), pengertian planet adalah benda-benda langit yang tidak memiliki cahaya sendiri.
Planet adalah benda langit yang bisa bergerak dan gerakannya membentuk elips yang mengelilingi matahari. Dalam International Astronomical Union atau IAU ke-26, sudah ditetapkan bahwa hanya ada 8 planet dalam tata surya.
8 planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Bumi, Jupiter, Uranus, Saturnus, dan Neptunus. Semua planet tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang membedakannya satu sama lain.
ADVERTISEMENT

Pengelompokan Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi

Ilustrasi pengelompokan planet berdasarkan garis edar bumi. Sumber: pexels.com/Pixabay
Adapun pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi terbagi menjadi dua yaitu planet superior dan inferior.

1. Planet Superior

Planet superior adalah planet yang orbitnya berada lebih luar dari Bumi. Adapun yang termasuk planet superior adalah Mars, Uranus, Neptunus, Jupiter, dan Saturnus. Mars adalah satu-satunya planet dengan banyak batu yang orbitnya ada di luar Bumi.
Adapun keempat planet superior lainnya sebagian besar zat penyusunnya berupa gas. Mars juga diyakini mirip dengan Bumi dan kemungkinan bisa menjadi tempat tinggal manusia. Para astronom pernah meneliti bahwa di Mars terdapat air.

2. Planet Inferior

Berikutnya adalah planet inferior yaitu yang orbitnya berada lebih dalam dari Bumi dan dekat dengan Matahari. Adapun yang termasuk planet inferior adalah Venus dan Merkurius. Jarak Venus ke Bumi sangat dekat yaitu 61 juta kilometer.
ADVERTISEMENT
Hal menarik dari planet inferior adalah walaupun jaraknya dekat dengan Matahari, namun bukan termasuk planet terpanas. Merkurius adalah planet yang jaraknya dekat dengan matahari, namun planet terpanas adalah Venus.
Mengapa demikian? Hal ini karena Venus memiliki atmosfer yang lebih padat dibandingkan dengan planet lainnya.
Mempelajari tata surya berarti akan mempelajari pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi yang dibagi menjadi dua yaitu planet superior dan inferior. Dengan mempelajari hal di atas, pengetahuan siswa akan bertambah. (GTA)