Pengertian Ambang Laut beserta Ciri-cirinya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
12 April 2024 17:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ambang laut adalah. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Silas
zoom-in-whitePerbesar
Ambang laut adalah. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Silas
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ambang laut adalah zona perairan yang merupakan perbatasan antara dua ekosistem utama di bumi. Perbatasan tersebut meliputi laut dalam dan dataran benua yang lebih dangkal.
ADVERTISEMENT
Wilayah ini merupakan area yang penting secara ekologis dan geologis. Hal tersebut dikarenakan wilayah ini menawarkan lingkungan yang unik dan beragam bagi berbagai bentuk kehidupan laut.

Pengertian Ambang Laut dan Ciri-cirinya

Ambang laut adalah. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jeremy
Dikutip dari buku Soal Geografi, Gatot Harmanto (2023: 150), pengertian ambang laut adalah relief dasar laut yang berupa bukit dalam laut yang memisahkan dua buah laut. Salah satu ciri dari ambang laut adalah terdiri dari batuan yang keras dan padat.
Berikut adalah beberapa ciri-ciri lain dari ambang laut.

1. Kedalaman

Ambang laut memiliki kedalaman yang bervariasi, tetapi umumnya berada di kisaran 200 hingga 2000 meter di bawah permukaan laut.

2. Topografi

Topografi di ambang laut bisa sangat beragam. Terdapat gunung bawah laut, ngarai, dan punggungan yang membentuk lanskap yang kompleks.
ADVERTISEMENT

3. Tekanan

Tekanan di ambang laut jauh lebih besar daripada di perairan dangkal, tetapi lebih rendah daripada di laut dalam.

4. Suhu dan Pencahayaan

Suhu di ambang laut umumnya lebih dingin daripada di perairan dangkal, tetapi lebih hangat daripada di laut dalam. Pencahayaan juga bisa menjadi ciri penting, dengan sedikitnya cahaya matahari yang dapat menembus ke kedalaman ini.

5. Hidrografi

Sifat-sifat fisik air di ambang laut, seperti salinitas dan kekeruhan, bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan kondisi lingkungan.

6. Ekosistem

Meskipun kondisinya keras dan gelap, ambang laut adalah rumah bagi berbagai jenis makhluk hidup, termasuk ikan, cephalopoda, dan organisme lain yang beradaptasi dengan tekanan tinggi dan kondisi lingkungan yang unik.

7. Aktivitas Geologis

Aktivitas geologis, seperti pergerakan lempeng tektonik, juga dapat memengaruhi ambang laut dengan menciptakan gunung bawah laut, lubang-lubang hidrotermal, dan formasi geologi lainnya.
ADVERTISEMENT
Ambang laut adalah dataran tinggi yang ada di dalam laut. Ambang laut memiliki peran penting dalam ekologi laut dan juga memiliki potensi sumber daya alam yang signifikan, termasuk cadangan mineral dan keanekaragaman hayati. (Msr)