Pengertian Angin Fohn dan Jenis-Jenisnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 14:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi angin fohn adalah. Sumber: Pexels/Lum3n
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi angin fohn adalah. Sumber: Pexels/Lum3n
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beberapa jenis angin yang dapat terjadi di bumi, salah satunya angin Fohn. Angin Fohn adalah jenis angin yang menarik untuk dipelajari karena terjadi di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Angin merupakan udara yang bergerak. Kemudian bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi menuju ke daerah yang memiliki tekanan rendah. Materi ini dipelajari pada mata pelajaran IPS, pada bab kenampakan alam dan buatan di Indonesia.

Pengertian Angin Fohn

Ilustrasi angin fohn adalah. Sumber: Pexels/Александр Фролов
Menurut buku Bahas Tuntas 1001 Soal IPS SD KelaBahas Tuntas 1001 Soal IPS SD Kelas 4, 5, dan 6, Forum Tentors 4, 5, dan 6, Forum Tentor (2009:78), pengertian angin Fohn adalah angin yang turun dari lereng pegunungan. Sifat angin ini kering dan panas.
Angin Fohn terjadi apabila ada gerakan massa udara yang menaiki suatu pegununhan dengan ketinggian lebih dari 2.000 meter. Masaa udara yang mencapai puncak pegunungan akan mengalami kondensasi dan akan turun hujan pada satu sisi lereng.
ADVERTISEMENT
Sisi lereng lainnya tidak hujan karena terhalang pegunungan yang tinggi. Daerah yang tidak mengalami hujan disebut bayangan hujan.
Dari daerah bayangan hujan, angin dari atas pegunungan akan bergerak menuruni lereng pegunungan dengan kecepatan tinggi. Sehingga suhu udara yang naik setiap turun 100 meter adalah 1 derajat Celcius.
Angin tersebut memiliki banyak sebutan.
Berikut ini adalah jenis -jenis angin Fohn yang terjadi di Indonesia.
ADVERTISEMENT

Dampak Angin Fohn

Adapun angin Fohn termasuk angin yang kencang, sehingga memberikan beberapa dampak di antaranya adalah.
Jadi angin Fohn adalah angin yang turun dari lereng pegunungan, dan suhunya naik setiap turun ke lereng dengan kecepatan tinggi. Setiap daerah memiliki nama berbeda dari jenis-jenis angun Fohn yang terjadi. (DVA)