Pengertian dan Contoh Komponen Biotik yang Ada di Alam

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
9 Agustus 2023 18:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh komponen biotik. Sumber: pexels.com/Jami Jari
zoom-in-whitePerbesar
Contoh komponen biotik. Sumber: pexels.com/Jami Jari
ADVERTISEMENT
Terdapat dua jenis komponen di alam, yaitu biotik dan abiotik yang memiliki peranan penting dalam kehidupan. Tumbuhan adalah salah satu contoh komponen biotik yang tersebar di seluruh penjuru dunia.
ADVERTISEMENT
Dua komponen tersebut berada dalam satu ekosistem yang sama dan saling berinteraksi. Setiap komponen memiliki peran dan fungsinya masing-masing dan menjadi penentu keseimbangan alam.

Pengertian dan Contoh Komponen Biotik

contoh komponen biotik. Sumber: pexels.com/Oleksand P
Mengutip dari buku Be Smart Ilmu Pengetahuan Alam, Dian Surdijani, Sumala, dan Astuti Sugiarti, (2006:135), bahwa pengertian komponen biotik terdiri dari makhluk hidup yang saling bergantung satu sama lain.
Adapun contoh komponen biotik terbagi menjadi empat bagian sesuai dengan peranan dan fungsinya, yaitu konsumen, produsen, pengurai (dekomposer), dan detritivor. Di bawah penjelasan dan contoh dari setiap komponen biotik.

1. Konsumen

Konsumen adalah komponen yang tidak bisa menghasilkan makanan sendiri sehingga bergantung dengan makhluk hidup lain. Konsumen adalah organisme heterotrof, seperti jamur, mikroba, dan manusia.
ADVERTISEMENT
Ada juga hewan yang termasuk komponen konsumen karena tidak bisa menghasilkan makanan sendiri. Hewan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Herbivora merupakan golongan hewan pemakan tumbuhan, seperti kelinci dan kambing.
Adapun karnivora merupakan kelompok binatang yang sering memakan daging, seperti kucing. Sedangkan omnivora adalah hewan-hewan yang bisa memakan semuanya, seperti tumbuhan dan daging. Contoh hewan omnivora adalah ikan piranha.

2. Produsen

Komponen biotik lain selain konsumen adalah produsen yang bisa menghasilkan sumber makanan sendiri. Produsen termasuk jenis organisme autotrof yang membuat makanan lewat bantuan dari sinar matahari.
Tumbuhan adalah komponen produsen karena bisa membuat makanan lewat proses fotosintesis. Tanaman yang melakukan fotosintesis memiliki klorofil sehingga proses pembuatan makanan menjadi lebih mudah.
ADVERTISEMENT
Beberapa contoh tumbuhan adalah kelompok protista yang disebut produsen perairan. Ada juga alga yang merupakan tumbuhan dengan organ berbeda dari tumbuhan lain.

3. Pengurai

Dekomposer atau pengurai adalah makhluk hidup yang mencari makanan dari makhluk hidup yang sudah mati. Pengurai memiliki kemampuan untuk mengurai sisa-sisa makanan menjadi sumber makanan. Contoh makhluk hidup pengurai adalah bakteri dan jamur.

4. Detritivor

Terakhir adalah detritivor yang merupakan organisme pemakan partikel organik atau hancuran dari jaringan hewan dan tumbuhan. Contoh detritivor adalah cacing tanah dan siput.
Semua contoh komponen biotik di atas memiliki peranan penting bagi keseimbangan alam. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelestarian lingkungan karena manusia sangat bergantung pada makhluk hidup lain untuk mendapatkan makanan. (GTA)
ADVERTISEMENT