Pengertian dan Contoh Sifat Intensif dalam Kimia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
15 Juni 2024 16:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh sifat intensif - Sumber: pexels.com/@rdne/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh sifat intensif - Sumber: pexels.com/@rdne/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat banyak contoh sifat intensif dalam kimia. Sifat intensif adalah sifat materi yang tidak bergantung pada jumlah atau ukuran sampel materi tersebut. Dengan kata lain, contoh sifat ini akan tetap konstan meskipun jumlah materi diubah.
ADVERTISEMENT
Sifat intensif mencerminkan karakteristik intrinsik suatu zat dan berguna dalam mengidentifikasi atau menggambarkan suatu bahan. Dari penjelasan tersebut, bisa diketahui berbagai contohnya.

Mengenal Contoh Sifat Intensif

Ilustrasi contoh sifat intensif - Sumber: pixabay.com/alexis
Dalam kimia, sifat intensif tidak berubah dengan perubahan jumlah atau ukuran sampel materi. Misalnya, temperatur air mendidih akan tetap 100°C pada tekanan atmosfer standar, terlepas dari jumlah air yang mendidih, baik itu satu liter atau satu galon.
Berdasarkan buku BUPELAS Pemetaan Materi & Bank Soal IPA SMP Kelas 7, Tim Maestro Genta, (2020), sifat intensif mencerminkan karakteristik dasar suatu zat. Mereka memberikan informasi tentang sifat bawaan zat tersebut, yang tidak dipengaruhi oleh jumlah zat yang ada.
Beberapa contoh sifat intensif antara lain:
ADVERTISEMENT
Sifat intensif sangat berguna dalam ilmu kimia dan fisika karena memudahkan para ilmuwan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi zat. Tentunya tanpa perlu memperhatikan jumlah sampel yang digunakan.
Misalnya, menentukan massa jenis suatu logam dapat membantu mengidentifikasinya tanpa perlu mengetahui berapa banyak jumlah logam tersebut. Itu tadi penjelasan mengenai pengertian dan contoh sifat intensif, semoga bisa dipahami dengan baik. (DNR)