Pengertian dan Contoh Warna Lilac yang Lagi Tren

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
15 Agustus 2023 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
  Contoh Warna Lilac, foto: Unsplash/Julia Butsykina
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Warna Lilac, foto: Unsplash/Julia Butsykina
ADVERTISEMENT
Salah satu contoh warna lilac yang paling tren adalah ungu muda pucat. Arti warna lilac cukup unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta warna ungu.
ADVERTISEMENT
Lilac adalah turunan dari warna violet lavender. Sedangkan warna ungu adalah hasil dari pencampuran merah dan biru, hal ini membuat karakter warna turunan ini menjadi warna baru yang memiliki arti harapan atau terlihat berbeda.

Pengertian dan Contoh Warna Lilac

Contoh Warna Lilac, foto: Unsplash/ Esteban Castle
Mengutip dari buku Kamar Tidur Pilihan oleh Imelda Akmal, dkk (2005), arti warna lilac sering diasosiasikan sebagai warna bunga lavender karena menimbulkan kesan tenang saat dilihat.
Menurut ilmu psikologi, warna Lilac merupakan simbol masa depan. Warna ini dinamakan lilac karena berasal dari nama bunga yang sama, yaitu bunga lilac. Bunga ini mempunyai warna lain, yakni biru dan putih.
Warna lilac identik dengan warna bunga, serta warna yang manis dan terkesan feminin. Nama warna ini memang diambil dari warna bunga lilac.
ADVERTISEMENT
Warna ini merupakan kombinasi dari warna biru dan merah, sama seperti warna ungu. Namun ditambahkan campuran putih untuk memberikan rona terang.
Contoh warna lilac yang lagi tren seperti ungu muda pucat dan light lilac nude. Kedua warna ini sering dijadikan sebagai warna untuk interior desain, furniture hingga perabotan rumah.

Warna yang Cocok dengan Warna Lilac

Warna yang Cocok dengan Warna Lilac, foto: Unsplash +/ Allisong Saeng
Warna lilac mudah dipadukan dengan berbagai warna. Berikut beberapa warna yang cocok untuk dipadukan dengan warna lilac.

1. Warna yang Kontras

Memadukan warna lilac dengan warna yang kontras dapat memberi kesan unik dan menyenangkan. Warna-warna tersebut seperti oranye, kuning, olive green, biru tua, abu-abu, pink tua, atau merah.

2. Warna Netral

Warna netral memang menjadi favorit semua orang, namun terkadang bisa terlihat membosankan. Nah, untuk menambah kesan cheerful, kamu bisa mengkombinasikannya dengan warna lilac.
ADVERTISEMENT
Selain itu, beberapa warna netral seperti putih, hitam, coklat muda, coklat tua, beige, nude, dan krem juga cocok dipadukan dengan warna lilac.

3. Warna yang Senada

Warna lilac jika dipadukan dengan warna yang senada tidak akan terlihat aneh dan membosankan. Contoh warna yang senada dengan lilac antara lain mauve, lavender, magenta, violet, dan periwinkle.
Demikianlah pengertian dan contoh warna lilac yang sedang tren baru-baru ini. Banyak seseorang yang suka menggunakan baju berwana cerah seperti lilac, jadi tak heran jika semua ikut tren menggunakan baju warna lilac. (amanda)