Pengertian Landasan Teori beserta Fungsinya dalam Penelitian

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
10 April 2024 9:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Landasan teori adalah, foro:pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Landasan teori adalah, foro:pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Landasan teori adalah kumpulan teori yang relevan dengan objek yang akan diteliti. Adanya landasan teori tersebut bertujuan untuk menjelaskan variabel ketika saat melakukan penyusunan metode penelitian.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan landasan teori yang tepat, maka terlebih dahulu harus mengumpulkan berbagai sumber yang akurat dan terbaru. Selanjutnya sumber yang sudah terkumpul dilakukan seleksi dan menganalisisnya.

Penjelasan Pengertian Landasan Teori

Ilustrasi Landasan teori adalah, foto:pexels
Dikutip dari buku Metode Penelitian, Muhammad (2021:27), pengertian landasan teori adalah bagian dari sebuah penelitian yang mengandung berbagai teori dan hasil penelitian yang berasal dari studi kepustakaan.
Dengan kata lain landasan teori tersebut memuat kumpulan teori mengenai definisi, konsep, dan proporsi yang sudah disusun rapi serta sistematis terkait berbagai variabel di dalam penelitian tertentu.
Sehingga landasan teori tersebut menjadi dasar yang kuat ketika akan melakukan penelitian dan harus ditulis secara tepat berdasarkan sumber yang akurat. Di mana sumber yang dapat digunakan yaitu berupa jurnal-jurnal maupun berbagai buku yang sudah diterbitkan.
ADVERTISEMENT
Dalam menyusun landasan teori tersebut harus menujukkan pemahaman mengenai teori serta konsep yang relevan terhadap topik yang diambil dalam penelitian. Selain itu juga harus memiliki keterkaitan dengan bidang pengetahuan yang lebih luas.

Fungsi Landasan Teori dalam Penelitian

Ilustrasi Landasan teori adalah, foto:pexels
Penelitian merupakan kegiatan yang dilakukan dengan melalui proses penyelidikan secara sistematis untuk menemukan hal yang baru atau menyempurnakan penelitian sebelumnya. Sehingga keberadaan landasan teori dalam penelitian memilik berbagai fungsi penting.
Adapun fungsi dari landasan teori tersebut ketika melakukan proses penelitian sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Secara umum landasan teori adalah kumpulan teori yang berkaitan dengan variabel yang dipakai dalam penelitian. Perlu diketahui bahwa ketika akan melakukan penelitian sebaiknya menyusun landasan teori tersebut terlebih dahulu. (PAM)