Konten dari Pengguna

Pengertian Merchandise Kpop yang Sering Diburu oleh Kpopers

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
9 Juli 2023 18:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi merchandise Kpop adalah. Sumber: unsplash.com/ Joel Muniz
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi merchandise Kpop adalah. Sumber: unsplash.com/ Joel Muniz
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Merchandise Kpop adalah barang-barang bertema musisi pop Korea yang diperjualbelikan saat acara konser. Penyuka genre musik Kpop biasanya akrab dengan merchandise yang bentuknya beragam.
ADVERTISEMENT
Yang paling sering diburu adalah merchandise berupa album dan tanda tangan asli dari para idol. Kemudian ada juga photocard dan alat-alat tulis.

Pengertian Merchandise Kpop

Ilustrasi merchandise Kpop adalah. Sumber: unsplash.com/ Hiu Yan Chelsia Choi
Merchandise Kpop adalah barang-barang bernuansa pop Korea yang umumnya adalah artis atau musisi asal negeri ginseng. Sedangkan menurut dictionary.cambridge.org, merchandise memiliki arti kata barang dagangan.
Memang umumnya, merchandise diperjualbelikan saat ada event konser. Namun penjualannya juga bisa sepanjang waktu, tidak terikat pada momen konser saja.
Contoh merchandise dapat berwujud album yang berisi lagu atau musik Korea, photocard, peralatan tulis seperti buku dan semacamnya. Berikut ini merchandise Kpop yang sering diburu para fans.

1. Photocard

Photo card adalah foto dengan tampilan 3 dimensi yang terletak di dalam album atau kaset Kpop. Foto seperti ini dianggap lebih keren dibandingkan foto biasa karena efek 3 dimensi yang dimilikinya.
ADVERTISEMENT

2. Light stick

Light stick adalah stik plastik dengan logo Kpop yang biasa dipakai ketika menonton konser. Dalam stik ini terdapat lampu kecil yang bisa dinyalakan ketika berada di area festival.
Penggemar Kpop sangat memburu lightstick karena ada kebanggaan tersendiri saat memilikinya.

3. Kalender

Kalender dengan gambar artis idola menjadi incaran pecinta musik Korea karena bisa dipajang di rumah dan dilihat sepanjang tahun. Melihat kalender berisi wajah idola memang kerap membuat mood K-popers naik di pagi hari.

4. Pakaian Merchandise Kpop

Pakaian merchandise Kpop beragam jenisnya. Biasanya benda fesyen ini berwujud kaos, topi, masker sampai handuk. Untuk kaos biasanya sering dipakai bersama dengan anggota pecinta idola Korea lainnya saat nonton konser bareng.

5. Mainan dan Game

Tak ketinggalan, model merchandise yang cukup unik adalah game dan mainan. Bentuknya bisa berupa slime, monopoli, boneka hingga stiker.
ADVERTISEMENT

6. Tumbler

Tumbler atau botol minum juga menjadi salah satu merchandise Kpop yang paling diincar oleh penggemar musik Korea. Pasalnya bisa dibawa ke mana pun dan terlihat keren.
Kesimpulannya, merchandise Kpop adalah benda-benda yang memiliki tema berupa wajah personil grup musik Korea dalam bentuk suvenir. Barang-barang ini sering diburu oleh para fans sebagai wujud dukungan mereka terhadap boy band dan girl band favorit.(IMA)