Pengertian Narkoba beserta Dampak Buruk Penyalahgunaannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
2 November 2023 10:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Narkoba. Sumber: Unsplash/Colin Davis
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Narkoba. Sumber: Unsplash/Colin Davis
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengertian narkoba beserta dampak buruk penyalahgunaannya wajib dipahami seluruh lapisan masyarakat. Narkoba merupakan jenis obat-obatan yang sangat berbahaya dan harus dihindari.
ADVERTISEMENT
Narkoba dapat menjadi zat yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Meski begitu, jika disalahgunakan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Pengertian Narkoba

Ilustrasi Pengertian Narkoba. Sumber: Unsplash/Nastya Dulhiier
Narkoba sebenarnya merupakan kepanjangan dari narkotika dan obat-obatan. Narkoba merupakan zat atau obat, baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun sintetis yang dapat menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang.
Menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 sebagaimana dikutip dari laman resmi Badan Narkotika Nasional, bnn.go.id, narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.
Di Indonesia, perdagangan dan penyalahgunaan narkoba termasuk dalam kategori melanggar hukum dan dapat dikenakan sanksi. Sanksi yang dapat dikenakan dapat berupa pidana penjara, denda, rehabilitasi medis dan sosial, hingga pidana mati.
ADVERTISEMENT

Dampak Buruk Penyalahgunaan Narkoba

Ilustrasi Pengertian Narkoba. Sumber: Unsplash/Thought Catalog
Penyalahgunaan narkoba sangat berdampak negatif bagi pemakainya, mulai dari kondisi fisik, mental, hingga kehidupan sosial.
Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA/SMK/MA Kelas X, Nur Hasyim, dkk. (2021:89), dampak buruk penyalahgunaan narkoba antara lain sebagai berikut.

1. Dampak dari Kondisi Fisik

Beberapa dampak buruk dari kondisi fisik hasil penyalahgunaan narkoba di antaranya:

2. Dampak dari Kondisi Mental

Narkoba juga dapat memberikan dampak buru dari segi kondisi mental. Berikut di antaranya:
ADVERTISEMENT

3. Dampak dari Kondisi Kehidupan Sosial

Tidak hanya dari kondisi fisik dan mental, obat-obatan terlarang ini juga menimbulkan dampak buruk untuk kehidupan sosial. Berikut beberapa dampak buruk yang terjadi:
Demikian penjelasan mengenai pengertian narkoba beserta dampak buruk penyalahgunaannya. Karena penyalahgunaan narkoba dilarang secara hukum serta menimbulkan banyak dampak buruk bagi pemakainya, jangan pernah coba-coba untuk memakai narkoba. (YAS)