Pengertian Pembuluh Darah dan Strukturnya

Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
30 September 2023 16:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pembuluh darah dan strukturnya. Sumber: Pixabay / qimono
ADVERTISEMENT
Sebelum mempelajari sistem peredaran darah pada manusia, terlebih dahulu harus memahami bagaimana pengertian pembuluh darah dan strukturnya. Karena pembuluh darah merupakan alat yang penting dalam sistem peredaran darah, selain jantung.
ADVERTISEMENT
Pada sistem peredaran darah, jantung dan pembuluh darah bisa diibaratkan sebagai sebuah sistem transportasi. Jika darah adalah bis yang mengangkut bermacam-macam zat, pembuluh darah adalah jalannya, dan jantung adalah terminalnya.

Pengertian Pembuluh Darah dan Strukturnya

Ilustrasi pembuluh darah dan strukturnya. Sumber: Pixabay / geralt
Mengutip buku Si Teman : Biologi SMP Kelas VIII, Tim Matrix Media Literata, (halaman 91), pengertian pembuluh darah adalah saluran-saluran tempat mengalirnya darah.
Ada tiga jenis pembuluh darah dalam tubuh. Berikut ini penjelasan mengenai struktur dan peranan pembuluh darah tersebut dalam sistem peredaran darah.

1. Pembuluh Nadi (Arteri)

Pembuluh nadi utama disebut aorta. Pembuluh darah ini merupakan pembuluh darah terbesar yang berperan dalam membawa darah yang mengandung oksigen, dari jantung ke seluruh tubuh. Aorta terletak di ventrikel kiri.
Selain aorta, ada pula arteri lain yang bermula di ventrikel kanan, yaitu arteri pulmonalis. Pembuluh darah ini bertugas membawa darah yang mengandung karbondioksida dari jantung menuju paru-paru.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Anatomi & Fisiologi untuk Paramedis, Evelyn C. Pearce, (halaman 145) dinding arteri terdiri atas tiga lapis, antara lain:

2. Pembuluh Balik (Vena)

Pembuluh vena berperan dalam membawa darah ke arah jantung dan selalu membawa darah yang miskin akan oksigen, kecuali vena pulmonalis.
Seperti arteri, pembuluh vena juga berdinding tiga lapis. Namun, lapisan tengah berotot lebih tipis, kurang kuat, lebih mudah kempis, dan tidak seelastis arteri.
ADVERTISEMENT
Pembuluh vena dilengkapi dengan katup yang disusun sedemikian rupa sehingga darah dapat mengalir ke jantung tanpa kembali ke arah sebaliknya.

3. Pembuluh Kapiler

Pembuluh arteri dan vena bercabang-cabang hingga ukuran yang paling kecil. Cabang inilah yang disebut dengan pembuluh kapiler.
Kapiler memiliki peranan yang sangat penting sebagai distributor zat-zat penting ke jaringan tubuh, agar berbagai proses dalam tubuh berjalan.
Karena pembuluh kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil dan merupakan tempat arteri berakhir, maka lapisan dindingnya hanya tinggal satu lapis saja, yaitu endothelium.
Demikianlah informasi mengenai pengertian pembuluh darah dan strukturnya. Semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan. (ARN)