Pengertian Resensi dan Unsurnya dalam Suatu Karya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
15 November 2023 15:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Resensi dan Unsurnya. Sumber: Pexels/RF._.studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Resensi dan Unsurnya. Sumber: Pexels/RF._.studio
ADVERTISEMENT
Resensi merupakan salah satu bentuk tulisan kritik yang berfokus pada suatu karya, baik itu buku, film, musik, atau karya seni lainnya. Pengertian resensi dan unsurnya akan memberikan panduan dalam membuat resensi yang baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Sebuah resensi yang baik harus menggabungkan informasi fakta, analisis mendalam, dan penilaian pribadi dengan cara yang seimbang. Selain itu, resensi akan memberikan kontribusi pada pemahaman pembaca tentang nilai suatu karya seni.

Pengertian Resensi dan Unsurnya

Ilustrasi Pengertian Resensi dan Unsurnya. Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko
Mengutip dari buku New Edition Pocket Book Bahasa Indonesia SMP karya Asep Juanda (2017), resensi merupakan suatu jenis tulisan yang mempunyai titik singgung dengan ikhtisar dan ringkasan. Pengertian resensi dan unsurnya sangat penting diketahui dalam memahaminya agar mudah untuk menuliskannya.
Dalam resensi, penulis memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pendapat, evaluasi, dan analisis terhadap karya yang diulas. Resensi tidak hanya memberikan gambaran umum tentang karya tersebut, tetapi juga mencerminkan pemahaman mendalam penulis terhadap isi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah unsur-unsur yang ada dalam resensi.

1. Identifikasi Karya

Resensi harus dimulai dengan identifikasi jelas tentang karya yang diulas, termasuk judul, pengarang, dan tahun penerbitan. Hal ini memberikan konteks bagi pembaca untuk mengetahui karya apa yang menjadi fokus tulisan.

2. Sinopsis Singkat

Memberikan gambaran umum tentang isi karya tanpa memberikan terlalu banyak spoiler. Sinopsis singkat membantu pembaca untuk memiliki pemahaman awal sebelum masuk ke analisis lebih mendalam.

3. Analisis dan Evaluasi

Resensi tidak hanya memberikan ringkasan, tetapi juga mencakup analisis dan evaluasi kritis terhadap berbagai aspek karya, seperti plot, karakter, gaya penulisan, tema, dan pesan yang ingin disampaikan. Penulis resensi harus memberikan alasan yang kuat untuk mendukung setiap pendapatnya.

4. Konteks Penciptaan

Menyajikan informasi mengenai latar belakang pengarang, konteks sejarah, atau keadaan sosial yang mungkin mempengaruhi pembuatan karya. Ini membantu pembaca untuk memahami lebih dalam makna karya tersebut.
ADVERTISEMENT

5. Penilaian Pribadi

Resensi sebaiknya mencakup penilaian pribadi penulis terhadap karya. Apakah penulis merekomendasikan karya tersebut atau tidak, dan mengapa? Pendapat pribadi memberikan sentuhan personal pada resensi.
Dengan mengetahui pengertian resensi dan unsurnya di atas, penulis dapat memberikan gambaran holistik tentang suatu karya. Selain itu, mampu memberikan panduan kepada pembaca untuk membuat keputusan apakah mereka ingin membaca karya tersebut atau tidak. (ARR)