Konten dari Pengguna

Pengertian Tahapan Proses Mitosis pada Sel

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
3 Oktober 2023 10:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Tahapan Prosees Mitosis. Sumber: Pixabay/ar130405
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Tahapan Prosees Mitosis. Sumber: Pixabay/ar130405
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat tiga jenis pembelahan sel pada makhluk hidup. Salah satunya adalah pembelahan tidak langsung (mitosis). Pembelajaran mengenai pengertian tahapan proses mitosis pada mata pelajaran Biologi SMA kelas XII.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Biologi-Jilid 3 karya Diah Aryulina, dkk (2006:106), pembelahan mitosis merupakan pembelahan sel yang terjadi melalui tahapan-tahapan tertentu. Pembelahan ini menghasilkan dua sel anakan yang identik.

Tahapan Proses Mitosis pada Sel

Ilustrasi Pengertian Tahapan Prosees Mitosis. Sumber: Pixabay/CoolVid Shows
Pada proses mitosis terdapat 3 tahap pembelahan. Tahapan-tahapan proses mitosis ini tentu terjadi secara berkesinambungan dan memiliki ciri serta karakteristiknya masing-masing. Berikut pengertian tahapan proses mitosis yang dapat dipahami.

1. Tahap Interfase

Pada tahap ini, sel dianggap sedang istirahat dari proses pembelahan. Terjadi proses persiapan atau proses penimbunan energi untuk nantinya melakukan pembelahan. Tahap ini merupakan tahapan yang aktif dan penting. Terdapat 3 fase dalam tahap ini, yaitu fase G1 (gap pertama), fase S (sintesis), dan fase G2 (gap kedua).

2. Tahap Kariokinesis

Tahapan ini merupakan tahap pembelahan inti sel. Terdapat 4 fase dalam tahapan ini, di antaranya,
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

3. Tahap Sitokinesis

Pada tahap ini terjadi proses pembelahan sitoplasma, yang akan diikuti dengan pembentukan sekat sel yang baru. Sekat tersebut akan memisahkan dua inti dan menjadi dua sel anakan. Pada sel hewan, tahap ini terjadi pada fase telofase.
Itulah ulasan mengenai pengertian tahapan proses mitosis. Dengan memahami tahapan proses mitosis dapat menjadi bahan pembelajaran mengenai pembelahan sel yang terjadi pada makhluk hidup. (BAI)