Pengertian Transformasi dan Contohnya dalam Kehidupan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
13 Agustus 2023 18:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi transformasi adalah. Sumber: unsplash.com/ Håkon Grimstad
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi transformasi adalah. Sumber: unsplash.com/ Håkon Grimstad
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Transformasi adalah perubahan yang terjadi pada seseorang atau suatu hal. Biasanya, transformasi melahirkan sesuatu yang benar-benar berbeda dari wujud asalnya. Contohnya transformasi pemuda dengan berat badan 100 kg menjadi 50 kg.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya transformasi bisa terjadi tidak hanya pada individu saja. Sebuah kota pun bisa mengalami transformasi dari yang semula belum terlalu tersentuh oleh peradaban menjadi kota yang maju yang sudah mengalami banyak perubahan bentuk akibat pembangunan hingga perkembangan teknologi.

Pengertian Transformasi dan Faktor Penyebabnya

Ilustrasi transformasi adalah. Sumber: unsplash.com/ Ross Findon
Mengutip dari buku Transformasi Keberagamaan Masyarakat Ngadas dan Kebobang Gunung Kawi, Faridilla Anisatus Solikhah, S.Pd.I., M.Pd.I. (2022:14), pengertian transformasi berasal dari kata trans-for- ma-si yang artinya perubahan atau pengalihan. Secara lebih detail, transformasi adalah perubahan fisik maupun nonfisik (rupa, sifat, dan sebagainya).
Transformasi bisa terjadi dalam berbagai bidang. Misalnya, perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat, sosial, keberagamaan, nilai-nilai agama, dan lain sebagainya.
Semuanya memiliki faktor penyebab yang berbeda-beda. Faktor yang menyebabkan adanya transformasi adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

1. Asimilasi

Asimilasi merupakan kondisi bercampurnya dua kebudayaan yang berbeda yang kemudian menghasilkan kebudayaan baru yang diadaptasi oleh masyarakat setempat.
Kontak dengan kebudayaan lain, masyarakat yang memiliki perbedaan keyakinan, serta kondisi penduduk yang heterogen membuat transformasi bisa terjadi pada sekelompok masyarakat.

2. Kekacauan Sosial

Adanya kekacauan sosial, seperti ketidakpuasan warga yang membuat beberapa orang terlibat perkelahian, mau tidak mau akan menimbulkan transformasi. Misalnya, dengan memecah RT menjadi dua dan sebagainya.

3. Teknologi

Keberadaan teknologi masa kini banyak membawa perubahan di mana-mana. Teknologi membuat daerah terpencil mampu mengenal dunia lewat informasi yang tersaji di dunia maya.
Hal itu menyebabkan transformasi masyarakat pedesaan menjadi lebih mudah mendapatkan berita dan kabar dari seluruh dunia.
ADVERTISEMENT

4. Influencer

Influencer atau seseorang yang memiliki pengaruh besar dalam masyarakat bisa membuat perubahan nyata lewat tindakan dan ucapan yang disampaikannya. Influencer dapat berupa tokoh publik, guru, sesorang yang dihormati di suatu wilayah, dan sebagainya.

5. Nilai-Nilai Kebudayaan

Nilai kebudayaan mampu membuat transformasi pada seseorang. Misalnya, orang Indonesia yang tinggal di negara lain, mau tidak mau dia akan bertransformasi sesuai dengan nilai kebudayaan yang dianut oleh tempatnya tinggal.

Contoh Transformasi

Ilustrasi transformasi adalah. Sumber: unsplash.com/unsplash+
Beberapa contoh transformasi yang banyak terjadi belakangan ini dapat dilihat melalui poin-poin di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Dapat dilihat dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa transformasi adalah perubahan yang bisa terjadi pada siapapun dan mencakup perubahan bentuk, kebiasaan, kebudayaan, sampai pola pikir. (IMA)