Penjelasan Iguana Berkembang Biak dengan Cara Bertelur Beranak

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 10:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Iguana berkembang biak dengan cara. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels/pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Iguana berkembang biak dengan cara. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels/pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Iguana merupakan salah satu hewan yang tak biasa. Hewan ini memiliki ciri yang unik dengan gelambir pada rahang bagian bawah. Selain itu, iguana berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur beranak. Cara ini sama dengan beberapa hewan, seperti hiu, kuda laut, dan platypus.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Bertualang ke Kebun Binatang oleh Kak Adib (Laksana:51) iguana merupakan reptil yang juga tergolong herbivora. Hewan ini termasuk dalam keluarga besar iguanidae.

Hewan Iguana Berkembang Biak dengan Cara Ovovivipar

Iguana berkembang biak dengan cara. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels/Engin Akyurt
Iguana berkembang biak dengan cara ovovivipar yang disebut juga dengan bertelur beranak. Hal ini memang cukup tak biasa dibanding hewan pada umumnya. Sebab, hanya beberapa jenis saja hewan yang mengalami dua proses perkembangbiakan tersebut.
Iguana berkembang biak diawali dengan pembuahan yang terjadi pada tubuh betina. Kemudian akan tumbuh zigot dan terus berkembang hingga menjadi embrio dalam telur.
Setelah berada dalam tubuh induknya dalam jangka waktu tertentu, telur yang memiliki embrio tersebut akan menetas. Hingga akan lahir dengan posisi tidak berwujud telur. Diketahui, masa kehamilan iguana adalah 90 sampai 100 hari.
ADVERTISEMENT

Ciri Khas Iguana

Iguana berkembang biak dengan cara. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels/Глеб Коровко
Selain iguana berkembang biak dengan cara ovovivipar yang membuatnya cukup unik, terdapat beberapa fakta menarik yang penting untuk diketahui. Berikut beberapa hal yang tak banyak orang ketahui mengenai iguana.

1. Tinggal di Tempat Hangat

Iguana merupakan hewan yang berdarah dingin. Sehingga, ia hanya tinggal di daerah yang bersuhu hangat. Tak hanya itu, iguana juga tidak memiliki kemampuan mengatur suhu tubuhnya sendiri. Oleh karena itu, hewan ini umumnya ditemukan di gurun, hutan tropis, dan sub tropis.

2. Kebiasan Iguana yang Suka Berkelompok

Iguana juga memiliki kebiasaan yang suka berkelompok dan bersosialisasi. Terutama pada iguana dewasa yang menyukai berjalan santai sekaligus berjemur.

3. Punya Mata Ketiga

Terakhir, iguana memiliki kelebihan pada matanya yang berjumlah tiga. Satu mata tersebut adalah Parietal Eye yang terletak di atas kepalanya. Keunikannya adalah mata ini hanya berguna untuk membedakan gelap terang untuk mengatasi ancaman yang datang.
ADVERTISEMENT
Iguana berkembang biak dengan cara ovovivipar yang diawali dari pembuahan di dalam tubuh induk betina hingga kemudian berkembang menjadi embrio. (NUM)