Perbedaan antara Planet, Bintang, dan Satelit dalam Tata Surya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
2 April 2024 15:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perbedaan antara Planet, Bintang, dan Satelit. Sumber: unsplash.com/ NASA
zoom-in-whitePerbesar
Perbedaan antara Planet, Bintang, dan Satelit. Sumber: unsplash.com/ NASA
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam tata surya terdapat banyak jenis benda langit seperti planet, bintang dan satelit. Adapun perbedaan antara planet, bintang, dan satelit terletak pada karakteristiknya.
ADVERTISEMENT
Meskipun ketiganya berada di langit yang sama dan menjalankan aktivitasnya masing-masing, tetapi tetap ada perbedaan yang dimiliki olehnya. Salah satunya terkait cahaya yang hanya dimiliki oleh bintang sedangkan planet dan satelit tidak memilikinya.

Mengenal Perbedaan antara Planet, Bintang, dan Satelit

Perbedaan antara Planet, Bintang, dan Satelit. Sumber: unsplash.com/ Dominic Brügger
Setiap benda langit memiliki ciri khasnya sendiri. Misalnya saja satelit yang selalu mengikuti planet dan mengiringinya ke mana pun planet berputar. Sedangkan bintang yang jatuh ke bumi justru habis terbakar ketika menyentuh atmosfer.
Perbedaan antara planet, bintang, dan satelit dalam tata surya dapat dilihat dari karakteristik, bentuk dan aktivitasnya. Berikut ini penjelasan dari masing-masing karakter, bentuk dan aktivitas yang dimiliki oleh ketiga benda langit tersebut.

1. Planet

Planet adalah salah satu benda langit yang berbentuk bulat, memiliki kemampuan untuk berotasi memutari porosnya sendiri sekaligus berevolusi mengelilingi matahari.
ADVERTISEMENT
Benda langit ini tidak bisa mengeluarkan panas dan cahaya. Itulah mengapa, bumi mencari sumber panas dan cahaya dari matahari dengan cara berotasi dan berevolusi.

2. Bintang

Bintang adalah benda langit yang bisa memancarkan cahaya dan memiliki energi panas. Benda langit ini memiliki energi dan massa yang besar untuk membakar hidrogen dan isotopnya.
Penampilannya berpendar di langit, jika dilihat dari planet akan tampak kerlap kerlip cahayanya. Ukurannya tampak kecil dan tidak sebesar matahari.

3. Satelit

Mengutip dari buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII oleh Tim Ganesha Operation (hal. 119), satelit adalah benda langit pengiring planet.
Satelit memiliki tiga mode gerakan, yakni berputar pada porosnya (rotasi), berputar mengelilingi planet, dan bersama planet berputar mengelilingi matahari.
ADVERTISEMENT
Benda langit ini tidak memiliki sumber cahaya sendiri. Sehingga hanya bisa memantulkan cahaya yang diperoleh dari matahari.
Itulah beberapa perbedaan antara planet, bintang, dan satelit dari segi aktivitasnya di luar angkasa dan karakteristiknya yang bisa menjadi tambahan wawasan untuk pembaca di bidang sains. (IMA)