Konten dari Pengguna

Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
21 Juni 2024 17:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi. Materi matematika kelas 5 semester 1 kurikulum merdeka. Sumber: Pexels / Deepak gautam
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi. Materi matematika kelas 5 semester 1 kurikulum merdeka. Sumber: Pexels / Deepak gautam
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Materi matematika kelas 5 semester 1 Kurikulum Merdeka penting untuk diketahui oleh siswa ketika memulai semester baru. Selain penting untuk dimengerti, rangkuman materi digunakan sebagai gambaran materi yang akan diajarkan.
ADVERTISEMENT
Persiapan tersebut diperlukan sebagai bekal memulai tahun ajaran baru. Selain itu, dengan adanya rangkuman materi siswa dapat mempersiapkan mentalnya kembali untuk kegiatan belajar di sekolah.

Materi Matematika Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka untuk Bahan Belajar

Ilustrasi. Materi matematika kelas 5 semester 1 Kurikulum Merdeka. Sumber: Pexels / Karolina Kaboompics
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang digunakan dalam rangka menemukan kemampuan siswa secara kognitif. Karena itu, orang tua juga perlu mempersiapkan rangkuman materi untuk mendukung belajar siswa di rumah.
Khusus untuk pelajaran matematika, berikut ini adalah materi matematika kelas 5 semester 1 Kurikulum Merdeka, yang dikutip dari Buku Panduan Guru Matematika, Meita Fitrianawati, Ika Surtiani, Afit Istiandaru (2022).

1. Bilangan Cacah Sampai 100.000

Pada materi ini, siswa dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 100.000. Selain itu, siswa juga dapat mengenali benda-benda yang menggunakan bilangan cacah sampai 100.000.
ADVERTISEMENT

2. KPK dan FPB

Materi ini membahas mengenai kelipatan bilangan, kelipatan persekutuan, kelipatan persekutuan terbesar. Selain itu, siswa juga diajarkan faktor bilangan dan cara mencari KPK dan fPB dengan menggunakan faktorisasi prima.

3. Bilangan Pecahan

Pada materi bilangan pecahan, siswa diajak untuk membandingkan dan mengurutkan berbagai bilangan pecahan. Selain itu, siswa juga diajarkan untuk menganalisis cara menentukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan.

4. Keliling Bangun Datar

Bab ini akan mengajarkan siswa tentang pengertian keliling bangun datar, bereksplorasi dengan bangun segitiga, keliling bangun-bangun segi empat.
Selain itu, siswa diajarkan tentang rumus keliling bangun segi beraturan dan mendekomposisi bangun gabungan dengan konteks mengukur panjang dinding yang dibutuhkan dalam sebuah rumah.

5. Luas Daerah Bangun Datar

Dalam bab ini, siswa diajarkan pengertian luas daerah bangun datar, mengeksplorasi daerah bangun datar, mendekomposisi bangun gabungan, dan hubungan antara keliling dan luas daerah suatu bangun datar.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, usai sudah rangkuman materi matematika kelas 5 semester 1 Kurikulum Merdeka yang bisa menjadi bahan persiapan. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk memulai belajar. (RFL)