Rangkuman Materi Tema 8 Kelas 6, Ini Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
28 Februari 2024 18:03 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rangkuman materi tema 8 kelas 6. Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rangkuman materi tema 8 kelas 6. Foto: Pixabay.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Siswa kelas 6 harus paham tentang materi yang akan dipelajari di sekolah, seperti tema 8. Adanya rangkuman materi tema 8 kelas 6 bisa membantu siswa untuk mampu menyelesaikan latihan soal dan memahami lebih lanjut terkait bahasan tersebut.
ADVERTISEMENT
Materi tersebut akan membahas beberapa pelajaran, seperti pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Ilmu Pengetahuan Sosial dan lainnya. Materi ini akan dirangkum agar bisa dipahami dengan baik oleh pelajar.

Rangkuman Materi Tema 8 Kelas 6

Ilustrasi rangkuman materi tema 8 kelas 6. Foto: Pixabay.
Mengutip buku yang berjudul Microsoft PowerPoint 2010 untuk Public Speaking, Jubilee Enterprise (2013:105), materi yang terorganisir dengan rapi akan memudahkan kita untuk menyajikannya dalam sebuah presentasi. Maka dari itu, pelajaran yang ada di rangkuman materi tema 8 kelas 6 harus dicatat dengan baik agar bisa dipelajari dengan mudah.
Berikut rangkuman dari materi tema 8 kelas 6 yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

1. Rangkuman Materi PPKN

Subtema 1 : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Sebagai warga negara Indonesia, memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap baik dan sehat. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan. Menjaga lingkungan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap anggota masyarakat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, ataupun status sosial.
ADVERTISEMENT
Kewajiban menjaga lingkungan dapat dimulai dari keluarga. Keluarga adalah komunitas masyarakat yang paling kecil. Keberhasilan dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan keluarga akan menentukan keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan yang lebih besar.
Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban berbeda dalam kehidupan sehari- hari. Setiap keluarga pun memiliki kewajiban bekerja sama untuk memastikan kehidupan bermasyarakat berjalan dengan baik. Salah satu kewajiban setiap keluarga dalam kehidupan bermasyarakat adalah menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
Subtema 2 : Bumiku dan Musimnya
Tangung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukan yang dimilikinya. Misalnya dalam sebuah keluarga, setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisinya.
ADVERTISEMENT

2. Rangkuman Materi Bahasa Indonesia

Subtema 1 : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Teks Informasi adalah Teks yang berfungsi menyampaikan suatu informasi kepada pemabaca. Reporter adalah orang yang bertugas meiput berita dilapangan dan melaporkannya kepada publik.
Laporan dapat berbentuk tulisan untuk media cetak. Laporan juga dapat berbentuk lisan yang disampaikan melalui media elektronik sperti radio dan televisi.
Karangan Nonfiksi
Karangan nonfiksi ialah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.
Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi terletak pada masalah faktual atau tidak, imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada hubungannya dengan gaya bahasa atau apa pun selain masalah fakta atau khayalan.
ADVERTISEMENT
Subtema 2 : Bumiku dan Musimnya
Gagasan utama disebut juga ide utama atau inti dari sebuah paragraf. Gagasan utama dalam paragraf dapat ditemukan di awal, tengah, atau akhir paragraf.
Dalam teks agak panjang, biasanya terdapat 150-200 kata. Teks disusun dari gagasan utama dan gagasan pendukung. Setiap paragraf memiliki satu gagasan utama yang merupakan inti dari pesan yang akan disampaikan.
Beberapa gagasan utama paragraf dapat dijadikan dasar untuk menemukan pokok pikiran dari suatu teks. Oleh sebab itu, sebelum mencari pokok pikiran dari suatu teks, temukan dahulu gagasan utama setiap paragraf.
Teks Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam
Paragraf 1 :
Gagasan Utama :
Faktor-faktor penyebab banjir.
Informasi Penting :
ADVERTISEMENT
Paragraf 2 :
Gagasan Utama :
Penyempitan sungai akibat pemukiman liar
Informasi Penting :
Paragraf 3 :
Gagasan Utama :
Penyebab banjir akibat pembangunan kota.
Informasi Penting :
Itu dia rangkuman materi tema 8 kelas 6 yang harus diketahui. Semoga membantu dan bisa dipahami dengan baik.
(LFP)