Rumus Kimia Asam Folat dan Manfaatnya bagi Manusia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
7 Desember 2023 16:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rumus kimia asam folat. Sumber foto: pixabay/ TheOtherBen
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rumus kimia asam folat. Sumber foto: pixabay/ TheOtherBen
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rumus kimia asam folat adalah CH19N7O6. Dalam hal ini, asam folat termasuk jenis vitamin yang berperan untuk meningkatkan berbagai fungsi vital pada tumbuh manusia.
ADVERTISEMENT
Asam folat dapat disebut juga sebagai vitamin B kompleks. Zat tersebut terdapat secara alami di banyak bahan pangan dan kacang-kacangan, seperti kedelai dan almond.

Rumus Kimia Asam Folat dan Manfaatnya

Ilustrasi rumus kimia asam folat beserta manfaatnya. Sumber foto: pixabay/Mizianitka
Mengutip buku Tahu Potensi Mengatasi Covid-19, Prof. Dr. Ir. Andi Aladin, MT., IPM, Dr. Ir. Takdir Syarif, ST., MT., IPM, (2021:79), asam folat atau folic acid merupakan bentuk vitamin B9. Rumus kimia asam folat adalah CH19N7O6.
Manusia membutuhkan nutrisi berupa asam folat, karena kandungan vitamin tersebut memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh. Salah satunya berfungsi untuk membantu pembentukan sel-sel baru.
Selain itu, terdapat berbagai manfaat lain dari folic acid yang perlu diketahui, di antaranya sebagai berikut.

1. Menurunkan Risiko Gangguan Jantung

Asam folat dapat berfungsi untuk mencegah gangguan jantung. Berdasarkan buku 100 Resep Hidangan Nikmat untuk Jantung Sehat, Tuti Soenardi, (2013:8), asam folat yang ada dalam sayuran, buah, kacang-kacangan, dan whole grain bisa mengurangi kadar asam amino dalam darah, yaitu homocysteine.
ADVERTISEMENT
Kadar homocysteine yang tinggi dalam darah ada kaitannya dengan peningkatan penyakit jantung. Dengan begitu, kandungan asam folat mampu meminimalisir tingkat risiko permasalahan medis organ tersebut.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Vitamin yang dapat berguna untuk meningkatkan fungsi daya ingat adalah asam folat. Karena asam folat dapat menjaga aliran sel darah merah dan suplai oksigen menuju otak tetap optimal.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Nutrisi ibu hamil perlu dicukupi, termasuk kebutuhan asam folat. Konsumsi asam folat penting dilakukan untuk menghindari kelainan dan cacat lahir pada bayi.
Pemberian asam folat bagi wanita yang sedang mengandung, perlu dimulai sejak trimester pertama. Selain menjaga perkembangan syaraf janin, jenis ini juga berfungsi dalam proses pembentukan DNA.

4. Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit kurangnya zat besi dalam tubuh. Sehingga kadar hemoglobin (Hb) darah kurang dari batas normal.
ADVERTISEMENT
Salah satu penyebabnya, yaitu akibat masalah gizi karena rendahnya asupan vitamin. Adapun beberapa zat yang dibutuhkan untuk mencegah kondisi tersebut, antara lain vitamin B12, zat besi, dan asam folat.
Demikian pembahasan tentang rumus kimia asam folat dan manfaatnya bagi manusia. Sehingga penting untuk mengonsumsi sumber vitamin folic acid secara cukup, agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat! (Riyana)