Rumus Past Continuous dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
28 Oktober 2023 17:15 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Rumus Past Continuous. Sumber: Unsplash/Jeswin Thomas
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Rumus Past Continuous. Sumber: Unsplash/Jeswin Thomas
ADVERTISEMENT
Dalam grammar bahasa Inggris, terdapat salah satu tenses yang sering digunakan, yaitu past continuous tenses. Memahami past continuous tenses beserta dengan rumus past continuous dapat membantu dalam mempelajari grammar.
ADVERTISEMENT
Pelajaran mengenai tenses sendiri adalah pelajaran paling dasar dalam Bahasa Inggris. Past continuous sendiri berfungsi untuk menjelaskan suatu kejadian yang telah berlangsung lama, tetapi masih tetap terjadi.

Mengenal Past Continuous

Ilustrasi Rumus Past Continuous. Sumber: Unsplash/Joshua Hoehne
Sebelum mengenal lebih jauh mengenai rumus past continuous. Akan lebih baik jika memahami pengertian dan kegunaan dari tenses ini. Past continuous adalah tenses untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi di masa lalu selama waktu tertentu.
Mengutip buku BIG Pelajaran 6 in 1 SMP/MTs Kelas 7/8/9, Tim Tentor Indonesia (2016:558), kegunaan past continuous tense adalah untuk menjelaskan tindakan yang sedang berlangsung dan kegiatan yang sedang berlangsung pada waktu yang sama di masa lalu.

Rumus Past Continuous

Ilustrasi Rumus Past Continuous. Sumber: Unsplash/National Cancer Institute
Setelah memahami pengertian dan kegunaan dari past continuous. Berikut adalah rumus past continuous yang dapat digunakan dalam penyusunan kalimat.
ADVERTISEMENT
Dari rumus tersebut, dapat diketahui bahwa:
ADVERTISEMENT

Contoh Past Continuous

Ilustrasi Rumus Past Continuous. Sumber: Unsplash/Santi Vedri
Agar lebih memahami dalam penggunaan kalimat past continuous tense. Terdapat beberapa contoh-contoh yang dapat dipahami. Contoh ini diolah dari rumus past continuous yang dibagi menjadi tiga, yaitu kalimat positif, negatif dan interrogative. Berikut beberapa contoh kalimat past continuous tense.
ADVERTISEMENT
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan rumus past continuous beserta dengan contohnya. Dengan mempelajari tense, maka akan mempermudah dalam pembuatan kalimat dalam Bahasa Inggris. (BAI)