Sekumpulan Rantai Makanan yang Saling Berhubungan Disebut Apa? Ini Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 16:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sekumpulan Rantai Makanan yang Saling Berhubungan Disebut. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Michael
zoom-in-whitePerbesar
Sekumpulan Rantai Makanan yang Saling Berhubungan Disebut. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Michael
ADVERTISEMENT
Di alam semesta terdapat jaring-jaring kehidupan yang saling terkait satu sama lain. Salah satunya adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut jaring-jaring makanan.
ADVERTISEMENT
Jaring-jaring makanan adalah representasi visual dari interaksi antara organisme dalam suatu ekosistem, menunjukkan aliran energi dan nutrisi dari satu organisme ke organisme lain. Rantai makanan terdiri dari beberapa tingkat yang mewakili posisi suatu organisme.

Sekumpulan Rantai Makanan yang Saling Berhubungan disebut Apa?

Sekumpulan Rantai Makanan yang Saling Berhubungan Disebut. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Thomas
Dikutip dari buku Makhluk Hidup, Azzurrino (2018), rantai makanan adalah proses makan dan dimakan antarmakhluk hidup secara satu arah. Mulai dari produsen hingga konsumen tertinggi.
Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut jaring-jaring makanan. Misalnya ketika manusia memulai dengan tumbuhan sebagai produsen primer dalam rantai makanan.
Tumbuhan memanfaatkan energi matahari melalui proses fotosintesis untuk menghasilkan makanannya sendiri. Kemudian, herbivora (hewan pemakan tumbuhan) memakan tumbuhan tersebut.
Di tingkat trofik berikutnya, karnivora (hewan pemakan daging) memakan herbivora. Proses ini berlanjut hingga mencapai tingkat trofik tertinggi dalam ekosistem, di mana predator tertinggi mendominasi rantai makanan.
ADVERTISEMENT
Namun, dalam ekosistem yang sehat, tidak hanya ada satu rantai makanan. Sebaliknya, ada banyak rantai makanan yang saling terkait dan bersilangan, membentuk apa yang disebut sebagai jaring makanan.
Setiap organisme dalam ekosistem memiliki peranannya sendiri dan terlibat dalam beberapa rantai makanan. Misalnya, serangga yang memakan tumbuhan dapat menjadi sumber makanan bagi burung, yang pada gilirannya dapat menjadi mangsa bagi predator lain.
Keberadaan jaring makanan ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan alam. Ketika satu spesies mengalami peningkatan atau penurunan populasi, dampaknya akan terasa di seluruh ekosistem.
Misalnya, jika populasi predator tertentu tiba-tiba berkurang. Akibatnya populasi mangsanya mungkin meningkat secara drastis, yang dapat mengganggu keseimbangan rantai makanan.
Selain itu, jaring makanan juga menunjukkan tingkat ketergantungan antarorganisme dalam suatu ekosistem. Ketika satu organisme menghilang, bisa memiliki efek domino pada organisme lain dalam rantai makanan.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan atas pertanyaan, "Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut apa?". Menjaga keberagaman spesies dan menjaga keseimbangan rantai makanan adalah kunci untuk menjaga keseimbangan alam. (Msr)