Selisih antara Titik Awal dengan Titik Akhir Disebut Apa?

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 16:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi selisih antara titik awal dengan titik akhir disebut dengan. Sumber: unsplash.com/ Nadine Shaabana
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi selisih antara titik awal dengan titik akhir disebut dengan. Sumber: unsplash.com/ Nadine Shaabana
ADVERTISEMENT
Selisih antara titik awal dengan titik akhir disebut jarak. Sehingga pengukuran jarak bisa dengan mudah dilakukan menggunakan perhitungan pengurangan untuk mengetahui selisih titik awal dan titik akhir sebuah benda.
ADVERTISEMENT
Jarak biasa digunakan untuk mengetahui seberapa jauh sebuah benda dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengetahui jauhnya letak dua benda yang diukur. Misalnya, rumah si A dengan si B.

Ini Sebutan untuk Selisih antara Titik Awal dengan Titik Akhir

Ilustrasi selisih antara titik awal dengan titik akhir disebut dengan. Sumber: unsplash.com/ Jessica Yap
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa selisih antara titik awal dengan titik akhir disebut dengan jarak. Mengutip dari Buku Siswa Geografi SMA/MA Kelas 10, Gramedia Widiasarana Indonesia (2021:13), jarak adalah ruang yang menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu.
Jarak tidak bisa lepas dari lokasi dan ukurannya dinyatakan dalam meter maupun kilometer. Konsep jarak terbagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif. Berikut penjelasan lengkapnya.
ADVERTISEMENT

1. Jarak Mutlak

Jarak mutlak adalah jarak sesungguhnya, yang dapat diukur dengan cara menarik garis lurus antara dua titik, yaitu titik awal dan titik akhir.

2. Jarak Relatif

Jarak relatif merupakan ruang antara dua lokasi yang dinyatakan dalam lamanya perjalanan atau waktu. Misalnya, perjalanan memerlukan waktu selama 1 jam, ini termasuk ke dalam jarak relatif.
Untuk mengetahui nilai jarak perpindahan sebuah benda, bisa dengan mengurangi antara titik akhir dengan titik awal. Berikut ini contoh perhitungan jaraknya.
ADVERTISEMENT
Jadi, kesimpulan adalah selisih antara titik awal dengan titik akhir disebut jarak. Adapun cara mengetahui jarak bisa melalui pengukuran langsung maupun mengurangi nilai titik akhir dengan titik awal. (IMA)