Senyawa H2SO4 dalam Kehidupan Sehari-hari Dikenal Sebagai Apa?

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
26 Mei 2024 15:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Senyawa H2SO4 dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Senyawa H2SO4 dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Senyawa H2SO4 dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai asam sulfat. Senyawa ini bersifat asam yang berwarna kuning, tidak berbau, namun sangat korosif. Selain itu, penggunaannya harus diperhatikan secara ketat karena berbahaya bagi lingkungan serta kesehatan manusia.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Kimia 2 oleh Muchtaridi & Sandri Justiana (2007:154), asam sulfat adalah salah satu bahan kimia yang banyak digunakan dalam laboratorium dan industri. Seperti halnya bahan pembuatan pupuk, detergen, asam nitrat, asam klorida, hingga obat-obatan.

Senyawa H2SO4 dalam Kehidupan Sehari-hari Dikenal Sebagai Asam Sulfat

Senyawa H2SO4 dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels
Pada umumnya, senyawa H2SO4 dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai bahan kimia yang bersifat korosif. Nama lain dari H2SO4 adalah asam sulfat untuk pembuatan bahan industri lainnya. Senyawa ini dapat larut dalam air dan mudah menguap saat saat dipanaskan.
Senyawa kimia ini harus digunakan berhati-hati, karena sifat korosifnya. Terdapat beberapa reaksi yang dihasilkan dari asam sulfat jika terkena badan. Simak bahanya berikut ini.

1. Menyebabkan Iritasi dan Sensasi Terbakar

Asam sulfat saat terpapar di tubuh akan menyebabkan iritasi dan sensasi terbakar pada kulit. Sehingga akan berdampak parah pada kerusakan kulit. Meskipun terpapar larutan yang encer, dapat mengakibatkan dermatitis.
ADVERTISEMENT

2. Menyebabkan Kebutaan

Tak hanya kulit, sifat korosif pada asam sulfat dapat mengakibatkan kebutaan saat terkena mata. Mulanya, kerusakan ini seperti glaukoma dan katarak. Apabila dibiarkan terlalu lama tanpa penanganan serius, dapat menyebabkan kebutaan.

3. Menimbulkan Kerusakan pada Paru-paru

Kerusakan pada paru-paru dapat terjadi saat asam sulfat terhirup. Hal ini berawal dari iritasi pada hidung dan tenggorokan. Akhirnya juga berakibat pada kerusakan serius bagi kesehatan paru-paru. Keadaan ini dapat disebabkan saat terpapar hujan asam yang dapat disebabkan oleh belerang.

4. Mual hingga Kejang-kejang

Ketika terpapar dengan asam sulfat, tubuh akan mengakibatkan gejala mual, pusing, muntah, dan pusing. Jika terus menerus terjadi, maka akan mengakibatkan kerusakan permanen pada paru-paru dan gigi.
Demikianlah penjelasan mengenai senyawa H2SO4 dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai asam sulfat. Penggunaannya juga harus disimpan dengan baik sesuai dengan aturan keselamatan yang berlaku. (NUM)
ADVERTISEMENT